Iklan

April 22, 2014, 04:02 WIB
Last Updated 2014-04-22T15:36:05Z
Manado

PLN Janji 20 Mei Tidak ada Pemadaman



Wawali saat meminta penjelasan pihak PLN terkait persoalan pemadaman
Jurnal,Manado-“Habis Gelap Terbitlah Terang” diplesetkan dengan kondisi Kota Manado “Habis Terang Terbitlah Gelap” oleh warga akibat pemadaman listrik yang berkepanjangan. Keluhan warga semakin bertambah dikarenakan alat-alat elektronik banyak yang rusak. 

Sebagai bentuk kepedulian dan untuk menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Wakil Walikota Manado Dr. Harley Mangindaan Selasa pagi (22/04) kembali menemui GM PLN Sulutenggo, Ir. Santoso Januwarsono dalam rangka pengecekan lebih lanjut tentang usaha-usaha apa yang telah dilakukan PLN menghadapi persoalan ini. Termasuk jaminan dari pihak PLN yaitu 20 Mei nanti tidak terjadi lagi pemadaman seperti sekarang ini.


Dari keterangan GM PLN Sulutenggo, Ir. Santoso Januwarsono bahwa penyebab terjadinya pemadaman aliran listrik dikarenakan rusaknya Suplay Uap dari Pertamina di PLTP Lahendong sehingga suplay listrik tidak maksimal (- 15 MW), terjadinya kebakaran pada Coal Belt Conveyor di PLTU Swasta Molotabu Gorontalo (- 21 MW), dan terjadinya kerusakan pada peralatan penangkap debu di PLTU Amurang (- 25 MW) serta Gangguan mesin sewa Lopana dan derating mesin sewa di Gorontalo (- 15 MW).


“Dengan kerusakan tersebut maka suplay daya berkurang sehingga untuk memenuhi kebutuhan listrik PLN melakukan pemadaman bergilir,” ujar Januwarsono.


Namun demikian, Januwarsono berjanji perbaikan Coal Conveyor PLTU Swasta Molotabu dan perbaikan peralatan penangkap debu di PLTU Amurang akan selesai pada 20 Mei 2014 sehingga tidak akan terjadi pemadaman seperti ini lagi. 

“kami berusaha terus sehingga target tanggal 20 Mei persoalan ini akan terselesaikan,” jelasnya, sembari mengatakan jika sampai tanggal yang ditentukan persoalan ini masih terjadi maka PLN akan memberikan finalti kepada pihak ke tiga yang mengelolanya.


Dengan penjelasan tersebut, Wawali menyampaikan kepada masyarakat agar bersabar dan tetap menciptakan suasana yang kondusif.


“Masyarakat diharapkan bersabar, pihak PLN sementara berupaya memperbaiki kerusakan yang terjadi dan diharapkan warga tetap menciptakan suasana yang kondusif,” terang Wawali.(luq)