Iklan

September 29, 2014, 06:38 WIB
Last Updated 2014-09-29T13:38:59Z

DR.AiM ; Soal Etnis memang sensitif, namun bukan Pemicu


Penyuluhan FPK di Hotel Sahid (29/09/14)

Jurnal,Manado- “Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa di kalangan Etnis, Suku dan Budaya untuk menciptakan Manado yang aman dan Damai”, itulah Tema dari acara Penyuluhan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Manado, yang bertempat di Hotel Sahid Kawanua Manado pada Senin (29/09/14).
Wakil Walikota Manado, Dr. Harley AB Mangindaan dalam kegiatannya hari ini, juga menghadiri acara tersebut sekaligus bertindak sebagai pemateri. Dengan tajuk ‘Konflik Etnis bukan dari perbedaan Etnis’, Wawali menyampaikan bahwa budaya ‘baku terek’ harus dihilangkan agar tidak terjadi gesekan hanya karena masalah sepele. “Jangan hanya karena mulut, beredar info yang menyesatkan yang bisa menjurus ke hal-hal yang berbau SARA seperti perebutan lahan parkir yang melibatkan individu tertentu namun dikait-kaitkan dengan masalah etnis yang begitu sensitif untuk dipergunjingkan sehingga timbulah gesekan di masyarakat. Banyak contoh di daerah lain yang bisa kita jadikan pelajaran agar itu tidak terjadi di Manado. “ujar Wawali.

Ditambahkan pula, “Kedepannya kita sudah mengagendakan nonton bareng bersama warga di lokasi-lokasi tertentu pada malam minggu agar kita dapat mensosialisasikan pentingnya menjaga Manado tetap aman dan damai dan tetap melekat erat dalam bingkai Torang Samua Basudara.”
Wawali Mangindaan selaku Ketua Dewan Pembina FPK Manado dalam hal ini juga mewakili Walikota Manado GS Vicky Lumentut, mengajak agar kegiatan tersebut bisa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan etnis suku dan budaya untuk menciptakan Manado aman dan damai sesuai tema. Namun Wawali yang juga menegaskan, konflik etnis bukan dari perbedaan etnis namun lebih didasari ekonomi yang menjadi perubahan paradikma di masyarakat. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Manado, Drs. Albert Wuysang, Kasat Bina Mitra Polresta Manado Kompol Sugiyanto serta Drs. Hanny Solang Kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Manado sebagai pemrakarsa kegiatan dan Bimas Polres Manado, LSM serta elemen masyarakat. (luq)