Iklan

February 23, 2015, 02:49 WIB
Last Updated 2015-02-23T10:49:14Z
Manado

Tingkat Kriminalitas Di Manado, Meningkat

Wawali terima kunjungan Tim Habibie Center
Jurnal,Manado- Sulawesi Utara khususnya Kota Manado, dalam dua kali survey yang dilakukan oleh  Survei Most Livable City Index di tahun 2009 dan 2011, pernah masuk dalam peringkat kedua daftar kota dengan tingkat kenyamanan tertinggi setelah Yogyakarta. 

Namun dua tahun belakangan ini, hasil survey dilapangan menunjukkan tingkat kriminal di Kota Manado naik signifikan. 

Sebab itu, Tim Habibie Center Manado, pada Senin (23/02/15) pagi tadi mengunjungi Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Manado sekaligus membawa program Sistim Nasional Pemantauan Kekerasan (SNPK). 
Kunjungan ini diterima oleh Wakil Walikota (Wawali) Manado, Harley Mangindaan, didampingi para staf ahli pemkot Manado dan Assiten II, Drs. Rum Usulu.

Dalam pertemuan tersebut, tim Habibie Center membeberkan soal persaingan antar aktor, kendala kelembagaan dan konteks lokal dalam kekerasan pemilu legislatif 2014. Membaiknya partisipasi masyarakat, keterbukaan, transparansi dan penguatan instrumen penyelenggaraan pemilu tidak diimbangi dengan tindakan sebagai peserta pemilu. Karena massa pendukung partai dan penyelenggara pemilu tidak mematuhi aturan pemilu.

Tanggapi hal itu, Wawali menyatakan, dari peta kekerasan di Indonesia dan kekerasan pemilu legislatif 2014 memang harus ada langkah cepat dalam penanganan. Wawali mengakui, bahwa terdapat sejumlah oknum yang seringkali membuat warga resah dengan melakukan tindakan kriminal seperti pencurian kendaraan bermotor, jambret hingga kontak fisik antar kelompok. "Namun demikian, partisipasi masyarakat kota Manado serta TNI dan Polri dalam mengawal kondusifnya Manado, sangat baik." 

Ditambahkan Wawali, hal-hal seperti ini, jelas juga menjadi perhatian pemerintah. Untuk itu, Wawali secara pribadi  merespon positif akan survey ini yang nantinya bisa menjadi pegangan.


Projeck supervisor Direktur Eksekutif Rahimah Abdulrahim dan Deputi Operasional Hadi Kintjara dari Tim Habibie Center Manado, dalam waktu dekat ini akan menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk berdialog. (luq)