Iklan

May 22, 2015, 03:50 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:25:34Z
PemerintahanPolitik

Vicky - Ai Tidak Hadir. Rumopa : Siapapun Walikota Harus Bersinergi Dengan Gubernur

Lucky Rumopa Iwan
Jurnal,Manado – Pendaftaran bakal calon Walikota dan Bupati se-sulut untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah berakhir. Hampir semua kandidat yang diundang secara resmi oleh PDIP memenuhi undangan dan mengaku siap jika dicalonkan oleh PDIP meskipun harus keluar dari partai yang melambungkan nama mereka di kanca politik. 

Hal itu menandakan bahwa PDIP tangguh sebagai kendaraan politik menuju kursi panas orang nomor satu baik di kabupaten maupun kota. Manado misalnya, dari 13 bakal calon yang diundang, 11 hadir dan mendaftar serta mengikuti wawancara oleh tim penjaringan yang di ketuai, Franky Wongkar.

Begitu juga ketika para bakal calon yang ditanya soal kesediaan mereka meski tidak terpilih mewakili PDIP, apakah masih mau mendukung Olly Dondokambey sebagai Calon Gubernur Sulut ?’ dijawab ‘Ya’.

Hal demikian juga berlaku bagi mereka yang lolos dan terpilih untuk menyatukan visi misi apabila OD lolos sebagai Gubernur.  Hal ini diungkapkan oleh Lucky Rumopa Iwan.

Menurutnya, siapapun yang akan menjadi walikota manado dalam kondisi politik dan kebijakan pembangunan daerah harus bersinergis dengan Gubernur. Tetapi bila tidak maka kita akan menatap ibukota Sulut pada kondisi stagnan dalam membangun ekonomi dan infrastruktur kota, apalagi bila berseberangan dalam misi dan visi daerah.

Mengingat membangun kota manado hanya dengan PAD,  saya kira sangat sulit, kita harus banyak melakukan terobosan pusat dan bila melihat kondisi sekarang, bila OD menjadi gubernur maka walikota manado harus seirama dengan OD dan tentu memiliki kemudahan dengan Presiden,” terangnya, saat diwawancarai, Jumat (22/05/2015)


Sebelumnya, dua nama yang diundang dan tidak ikut hadir adalah Ketua DPD Demokrat Sulut, Vicky Lumentut dan Harley Mangindaan. Desas Desus yang berkembang, VK dan HM akan dipasangkan lagi untuk bertarung dalam Pilwako nanti.(man)