Header Ads

Jianlin Didaulat Orang Terkaya di Cina

Wang Jianlin
JM - Pemilik perusahaan Dalian Wanda Group, Wang Jianlin, kini didaulat menjadi orang terkaya di China. Total kekayaan Wang mencapai USD 40,7 miliar atau setara Rp 546,3 triliun.

Dirinya juga mencatatkan sejarah, sebagai pria China pertama menjadi orang terkaya di Asia. Biasanya predikat ini selalu diisi oleh orang kaya asal Hong Kong.

Pria berumur 60 tahun itu, dalam setahun terakhir memang sibuk mengembangkan bisnis real estate-nya di luar negeri. Wang menggarap proyek mewah di Baverly Hills, Chicago dan Australia.

Wang yang juga merupakan veteran tentara China ini juga pemilik AMC Entertainment, yang merupakan rantai bioskop di Amerika Serikat yang juga tercatat dalam bursa New York.

Dilansir dari Businessinsider, kegigihan Wang untuk menjadi orang kaya dimulai sejak dari 1970 hingga 1986. Saat Wang masih bekerja menjadi angkatan darat di China, Wang sudah berpikir untuk berwirausaha properti dengan meminjam USD 80.000. Dia mendirikan perusahaan yang kini dikenal dengan nama Dalian Wanda Group.

Selanjutnya, kekayaan Wang berkembang berkat untung perusahaan yang dipimpinnya tersebut, Wanda Group telah membuka 71 hotel berbintang lima di China. Selain itu, Wang juga memiliki investasi properti di Sydney, London, Chicago dan Los Angeles. Bahkan, Wang pernah menjadi pengembang real estate terbesar di dunia.

Saat ini Wanda Group tengah membangun apartemen mewah di London, dengan menawarkan pemandangan indah berupa perairan atau sungai buatan.

Sementara divisi lainnya, Wanda Group memiliki industri hiburan seperti tempat seni pertunjukan, bioskop yang semuanya beroperasi di China. Pendapatan dari divisi ini mencapai USD 5,5 miliar. Sementara itu, dirinya juga memiliki merek dagang bernama Wang yang dijual di 100 lokasi pusat perbelanjaan terbesar di China.

Wang juga memiliki 150 bioskop di China, yang pendapatannya sebesar USD 2,6 miliar pada 2012. Kesuksesan di dunia hiburan layar lebar membuat Wang memutuskan membeli AMC Entertaiment. Bahkan, saat ini, dia membuka tempat hiburan karaoke terbesar di China di mana berlokasi di 90 titik dan akhir tahun akan bertambah 40 lokasi lagi.

Kekayaan Wang semakin bertambah, awal tahun ini dia baru saja membeli 20 persen saham klub sepak bola Spanyol Atletico Madrid senilai USD 52 juta.


Menjadi orang kaya membuat Wang menjadi hobi belanja. Dalam beberapa tahun terakhir dia membeli sejumlah barang dengan harga fantastis. Diantaranya membeli kapal mewah buatan Inggris, atau mirip kapal di film James Bond, pada 2013 dengan nilai USD 503 juta. Ditambah dengan jet pribadi Gulfsteamm 550 yang biasa mengantarkannya ke kantor pusat Wnada Group di China. 

Wang juga membeli lukisan Picasso 'Claude dan Paloma' sebesar USD 28 juta pada 2013. Pada bulan Mei, dia memenangkan tawaran USD 20,4 juta untuk sebuah lukisan Claude Monet. 

Di balik ini semua, seseorang yang beruntung tentu saja anaknya yang akan menjadi pewaris kerajaan bisnis Wang. Pria itu adalah Wang Sicong yang saat ini telah berumur 27 tahun. Awak media di China menjuluki Sicong sebagai 'The National Husband' atau idola para wanita China untuk dijadikan suami.

Namun, banyak orang di China mengkritik Sicong lantaran terlalu terobsesi dengan uang, seks dan kekerasan. Sicong baru saja memamerkan kekayaan berupa postingan foto peliharaan anjing dengan memakai dua emas Apel Watches yang masing-masing senilai USD 10 ribu.(mdk)


No comments

Powered by Blogger.