Header Ads

DPRD Siap Rekomendasi Hukum Untuk Dinkes Jika Dana 4,7 Miliar Tak Dipertanggungjawabkan

Jurnal,Manado- Terkait hearing dengan Dinas Kesehatan bersama Kepala-kepala Puskesmas yang dilaksanakan Rabu (19/08/2015), Wakil Ketua DPRD  Richard H.Sualang, mempertanyakan soal penggunaan DBH (Dana Bagi Hasil) Cukai Hasil Tembakau (CHT) yang menurutnya tidak dapat dijelaskan dengan bukti-bukti yang valid.
"Waktu pembahasan, DPRD mempertanyakan Dana Bagi Hasil tersebut kepada Dinas Kesehatan dan kepala-kepala Puskesmas, namun jawaban mereka tidak jelas dan bukti-bukti valid tak diketahui dimana," terang Sualang.
Untuk itu Sualang mengingatkan agar Dinas Kesehatan secepatnya memberikan bukti penggunaan dana kepada DPRD Manado agar tidak bermasalah dengan hukum nantinya.
"DPRD akan menunggu pelaporan dan bukti penggunaan anggaran bahwa anggaran tersebut benar-benar dipergunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan umum dan bukan untuk sekedar pencitraan," tegas Sualang.
Ia juga mengingatkan Dinas Kesehatan, Jika pihak DinKes tak dapat berikan penjelasan disertai dengan bukti-bukti tentang penggunaan DBH CHT ini, maka DPRD akan membuatkan rekomendasi hukum.
Untuk diketahui, Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) berjumlah sebesar 4,7 Miliar Rupiah.(luq)


No comments

Powered by Blogger.