Header Ads

Gubernur Gorontalo Tinjau Peternakan Ayam

Habibie : Kelompok Tani Penerima Harus Siap Lahan

Jurnal,Gorontalo -  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau peternakan ayam kampung unggul yang terletak di Desa Lonuo Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Gubernur mengatakan dirinya ingin memastikan capaian pengembangan ayam kampung unggul, yang dikelola oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan bekerjasama dengan Badan penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Pertanian RI.
Menurutnya, saat ini Dinas Perkebunan dan Peternakan berupaya untuk menghasilkan bibit unggul yang siap didistribusikan kepada kelompok tani calon peternak ayam.
Dia berharap dalam waktu dekat kelompok tani sudah terdata dan selanjutnya diberikan penyuluhan tentang budidaya ayam kampung.
"Kelompok tani penerima harus siap dengan lahan. Satu kelompok misalnya lima ratus ekor, mereka juga harus siap dengan lahan dan kandang untuk 500 ekor ayam. Jangan sampai kita beri bantuan habis dimasak di dapur," tegas Rusli. Ia meminta Dinas tersebut bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam beternak ayam yang benar.
"Beri mereka contoh pengembangan ayam kampung ini dengan benar. Penyuluh harus terus didampingi para peternak dan evaluasi pencapaian mereka secara berkala," imbuhnya.
Ayam kampung unggul hasil penelitian Balitbang RI ini berbeda dengan ayam kampung pada umumnya. Jika ayam kampung biasanya hanya bertelur 70 butir pertahun, ayam kampung unggul ini bisa memproduksi telur 170-180 telur pertahun.(***)



No comments

Powered by Blogger.