Header Ads

Habibie : Ini Untuk ke 3 Gorontalo Raih Budhipura

Jurnal,Gorontalo – Kebanggaan bagi Provinsi Gorontalo karena dianugerahi Budhipura Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Hal itu dikatakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, (10/08/2015).
“Ini untuk ke tiga kalinya secara beruntun yang diterima Provinsi Gorontalo, di mana pada tahun 2013 dan 2014 berhasil menggondol penghargaan serupa. Dan merupakan bukti bahwa gorontalo dipandang aktif dalam mendorong penguatan kelembagaan dalam hal riet dan pengembangan teknologi daerah,” terang Habibie.
Kelembangaan yang dimaksud yakni Sistem Inovasi Daerah (SIDa) serta Dewan Riset Daerah (DRD). Lembaga tersebut secara aktif melaksanakan program pengembangan pertanian terintegrasi dengan sector lain seperti peternakan dan perkebunan.
Hal ini dibuktikan dengan beberapa kegiatan diantaranya pembangunan pabrik pupuk organik marolis, pengembangan ayam KUR, perakitan varietas local jagung serta pembuatan pakan ternak murah.
“Tahapan untuk meraih Budhipura sangat ketat dan selektif. Diawali dengan seleksi yang ketat melalui paparan Ketua SIDa(Sistem Inovasi Daerah) yg juga Sekda Provinsi Gorontalo didepan para penguji yang terdiri dari Kemenristekdikti, Kemenkumham, BPPT n kementrian terkait pada 28 Juli 2015 lalu,” terang Winarni Monoarfa.
Sementara itu Sekda Winarni menambahkan, keberhasilan Pemprov Gorontalo meraih penghargaan ini tidak terlepas dari komitmen Gubernur Gorontalo Rusli Habibie untukmembangun kelembagaan dan kerjasama dengan akademisi, swasta (bisnis) dan pemerintah (Goverment) untuk peningkatan produksi pertanian dan menumbuhkan IKM yang berbasis potensi daerah.
Sementara itu, Menko Maritim Dr.Ir. Dwisuryo Indroyono Soesilo yang membuka acara tersebut mengemukakan, tujuan pelaksanaan Harteknas ke 20 ini untuk memberikan apresiasi dan dorongan kepada putra putrid Indonesia berpresatasi dalam memanfaatkan, menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi .
"Peringatan harteknas ke-20 ini juga merupakan ajang penghargaan kepada para peneliti, perekayasa dan PEMDA yg mempunyai kontribusi optimal dalam membangun iptek dan mendorong daya saing daerah yg berbasis komoditi unggulan daerah,” terang Indroyono.
Gelaran Harteknas yang mengusung tema " Inovasi Iptek Untuk Daya Saing Bangsa (Pangan. Energi, maritim) turut dihadiri oleh Presiden RI ke-3 Prof DR. Ing. H. BJ. Habibie, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara n Reformasi Birokrasi Yudi Krisnandi, Kementerian, Lembaga-lembaga riset terkait.
Turut hadir pula perwakilan perguruan tinggi, BATAN serta perwakilan Pemerintah Daerah yang menerima penghargaan serta sejumlah masyarakat inovator se Indonesia.(***)


No comments

Powered by Blogger.