Header Ads

Harga Ayam merangkak Naik

Wagub : Warga jangan panik

Jurnal,Gorontalo - Harga ayam pedaging yang dijual di pasar - pasar tradisional Grontalo mulai mengalami kenaikan sekitar 10 hingga 20 persen sejak sebulan terakhir.
Saat ini harga ayam pedaging yang biasa dibeli Rp50.000/ekor, saat ini sudah dijual Rp60.000 hingga Rp70.000/ekor," Kata salah seorang pedagang ayam di Pasar Sentral Kota Gorontalo Arifin Mustafa (48), Senin. Ia mengatakan, kenaikan harga ayam pedaging saat ini dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan ayam dari luar Provinsi Gorontalo sejak sebulan terakhir, Sehingga hal tersebut mempengaruhi pasokan untuk kebutuhan lokal.
Selain itu, kenaikan harga juga dipengaruhi oleh tingginya permintaan masyarakat terhadap konsumsi ayam daging setelah harga ikan laut mengalami kenaikan, akibat cuaca buruk yang melanda sebagian pesisir di daerah itu. Namun demikian pihaknya mengaku meski terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan untuk harga ayam pedaging saat ini, namun tidak menghalangi niat pembeli untuk mendapatkan kebutuhan yang mereka inginkan.
Menurut Arifin, sampai hari ini para pedagang ayam pedaging di Pasar Sentral Kota Gorontalo agak kewalahan melayani pembeli, sebab tingginya permintaan sedangkan stok ayam yang dijual sudah habis.
Misna Umar (36) salah seorang pembeli mengatakan, saat ini pihaknya cukup kesulitan untuk menjalankan bisnis kuliner miliknya, sebab daging ayam yang menjadi menu andalannya mengalami kenaikan harga selain itu yang dijual juga sedikit. Ia berharap semoga dalam waktu dekat keadaan pasar akan kembali normal, baik dari ketersediaan stok ayam dagingnya maupun harganya, sehingga ia dapat menjalankan bisnis kulinernya seperti sedia kala.
Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM mengatakan, kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh factor alam sehingga memaksa kebutuhan meningkat secara otomatis harga dipasaran naik. Bisa terjadi juga karena stok ayam kurang sementara permintaan tinggi sehingga mempengaruhi harga jual. Untuk itu akan segera dicarikan solusi terbaik sehingga baik pedagang dan pembeli sama – sama diuntungkan.
"Tidak perlu panik nanti pemerintah akan carikan solusi,"ujar Wagub.(luq)


No comments

Powered by Blogger.