Header Ads

Mengikuti Jejak Orang Tua

Jurnal,Jakarta - Tidak butuh waktu lama usai kembali dari Amerika Serikat, Mayor Infantri Agus Harimuti Yudhoyono langsung diangkat menjadi Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning. Batalyon ini merupakan salah pasukan elite di bawah kendali Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya.

Agus memang sukses menyusul karier emas sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) sebagai prajurit TNI Angkatan Darat. Setelah lulus dari Akademi Militer, mereka sama-sama berdinas sebagai prajurit Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dengan posisi sama, yakni Komandan Peleton atau Danton di pasukan lintas udara.

Setelah sempat ditempatkan sebagai Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak. Agus telah menjalani berbagai penugasan di dalam negeri maupun internasional. Dia pernah ditunjuk untuk menjadi Komandan dalam misi perdamaian di Lebanon bersama Pasukan Garuda di bawah naungan PBB.

Kemudian di tahun 2013, suami dari Anisa Pohan ini diangkat sebagai Kepala Seksi 2/Operasi di lingkungan satuan elite Kostrad, Brigade Infanteri Lintas Udara 17 sebagai pembantu Komandan. Selanjutnya di bulan Juni 2014, Mayor Agus menempuh tugas pendidikan militer setingkat Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Command and General Staff College (CGSC) di Fort Leavenworth, Kansas.

Sekolah ini merupakan sekolah yang sama diikuti oleh Ayahnya SBY. Ia menuntaskan tugas pendidikannya selama satu tahun dan lulus pad 12 Juni 2015 dengan hasil sempurna yaitu dengan IPK 4.0. Di saat yang bersamaan, Mayor Agus juga meraih gelar Master of Arts (MA) dalam Leadership and Management dari George Herbert Walker School of Business and Technology, Webster University. Juga dengan IPK 4.0.

Selain Agus, masih ada sejumlah perwira lainnya yang meneruskan jejak sang ayah di dunia militer.

No comments

Powered by Blogger.