Header Ads

Pemda Harus Eksis Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Jurnal,Gorontalo - Pemerintah daerah harus eksis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui berbagai program pembangunan. Selain memaksimalkan anggaran, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN, DAU, dan DAK, pemerintah daerah juga dituntut untuk mampu melakukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti halnya menjajaki peluang kerjasama dengan pihak luar negeri dalam mengembangkan berbagai potensi daerah.
"Anggaran pemerintah sangat terbatas untuk membiayai banyaknya program yang dibutuhkan masyarakat. Dibutuhkan kreativitas dan langkah strategis untuk menjajaki peluang kerjasama dengan berbagai pihak, khususnya dengan pihak luar negeri," kata Wagub Idris Rahim beberapa waktu lalu.
Secara khusus pada dialog tersebut, Idris mengapresiasi upaya Pemkab Buol, Bolmong Utara, dan Kabupaten Gorontalo Utara yang menggandeng Universitas Negeri Gorontalo (UNG) untuk bekerjasama dengan PUM Netherland Experts dalam mengembangkan potensi pertanian, peternakan dan perikanan, yang disebutnya merupakan kebangkitan kekuatan utara-utara.
Menurutnya, tantangan untuk memajukan ketiga sektor tersebut sangatlah berat. Idris mencontohkan di sektor pertanian, petani selalu terkendala dengan biaya pengolahan yang cukup besar, belum lagi masalah lainnya seperti bibit dan pupuk yang sulit untuk diperoleh.
"Permasalahan inilah yang harus kita pikirkan dan atasi bersama, sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang telah disepakati oleh ketiga daerah dengan UNG dan PUM Netherland," ujar Idris.
Lebih lanjut diutarakannya, yang terpenting dalam sebuah kerjasama adalah adanya kemauan dan komitmen dari pihak-pihak yang telah menandatangani MoU, serta fokus pada sektor-sektor yang akan dikembangkan.
Dengan keterlibatan UNG sebagai lembaga pendidikan dan penelitian, Idris berharap akan diperoleh sebuah formula atau program khusus yang bisa meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, peternakan, dan perikanan.
"Saya berharap diperoleh program yang biayanya kecil, tapi manfaatnya besar bagi masyarakat," pungkas Wagub.(***)


No comments

Powered by Blogger.