Header Ads

Pemerintah Ajak Warga Jaga Terumbu Karang

Jurnal,Ratahan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mengajak masyarakat secara bersama-sama menjaga terumbu karang untuk kesejahteraan umat manusia.

Kepala Dinas DKP Mitra Ir George Ruata kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (20/08/2015) mengatakan akan pentingnya menjaga ekosistem biota laut.


"Terumbu karang sangat bermanfaat bagi kehidupan, bukan hanya untuk biota laut tetapi juga manusia, karena itu harus dijaga bersama" katanya.

Ruata menjelaskan bahwa terumbu karang memiliki fungsi ganda, bukan hanya secara ekonomis tetapi terutama ekologi sehingga harus dijaga kelestariannya."Berfungsi sebagai benteng alami menghalangi terjangan ombak secara langsung ke pantai, kemudian dapat menjadi lokasi wisata seperti taman laut Bunaken, serta tempat hidup biota laut"jelasnya.

Untuk itu Pemkab Mitra melalui DKP  berharap upaya pelestarian dan penanaman terumbu harus mendapat dukungan dari seluruh warga masyarakat, karena yang akan menerima manfaatnya adalah warga."Upaya Pemkab melakukan penanaman terumbu karang meruapakan kepedulian yang sangat tinggi terhadap kelestarian dan keseimbangan eskosistem kita"Ujar Ruat.a

Ruata mengingatkan masyarakat pesisir untuk terus peduli terhadap lingkungan, kelestarian alam terutama biota laut bukan hanya tanggungjawab pemerintah namun merupakan tangung jawab bersama."Jangan sia-siakan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah, hargailah upaya kita dengan ikut menjaga kelestarian terumbu karang, untuk masa depan kita juga"tutupnya.(hak)

No comments

Powered by Blogger.