Header Ads

Wagub Gorontalo Buka Seminar BPTP

Jurnal,Gorontalo - Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., membuka seminar nasional yang digelar oleh BPTP Gorontalo dengan mengangkat tema membangun kedaulatan pangan yang berkelanjutan, yang berlangsung di Ball Room Dumhill TC UNG, Selasa (25/8).
“Yang terpenting dari seminar ini adalah implementasi dan rekomendasi yang dihasilkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang berkelanjutan,” kata Idris.
Idris mengatakan, pangan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus tersedia dalam jumlah dan kualitas yang cukup. Menurutnya, kekurangan pangan akan mempengaruhi Political Will pemerintah, dan mengakibatkan kesengsaraan bagi masyarakat.
Oleh karena itu upaya mencapai kedaulatan pangan yang berkelanjutan, harus ditekankan pada kecukupan pangan bagi individu dan rumah tangga, tanpa ketergantungan pada pihak lain. Idris juga menekankan politik pertanian harus diarahkan agar produk pertanian memiliki daya saing dari sisi kuantitas dan kualitas.
Lebih lanjut dijelaskannya, Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam tiga tahun terakhir mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan, mencapai rata-rata diatas 7 persen pertahun, dengan kontribusi sektor pertanian pada PDRB sebesar 28,95 persen.
Sehingga itu untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Provinsi Gorontalo memprioritaskan pembangunan pada sektor pertanian.
“Pemerintah Provinsi Gorontalo berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan, dengan fokus pada basis keunikan dan penguatan sumber daya lokal termasuk sumber daya manusianya,” ujar Wagub.
Pada kesempatan tersebut, Wagub Idris Rahim membacakan kebulatan tekad pangan berkelanjutan dari Gorontalo untuk Indonesia.
Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala BPTP Gorontalo DR. Suharsnono dalam laporannya mengatakan, seminar nasional ini bertujuan untuk mensinergikan dan mendiskusikan hasil-hasil penelitian serta merumuskan kebijakan pembangunan wilayah dalam pembangunan pertanian menuju terwujudnya kedaulatan pangan di Indonesia, dan untuk memperoleh masukan model pembangunan bioindustri pertanian guna mendukung tercapainya swasembada pangan.
Hadir pada seminar tersebut Bupati Boalemo Rum Pagau, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan RI yang diwakili oleh DR. Retno Sri Mulyandari, Rektor UNG, Dewan Riset Daerah, pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo, para Kepala BPTP se Indonesia, Lembaga Penelitian UNG, dan mahasiswa.(***) 


No comments

Powered by Blogger.