Header Ads

Boalemo Bangun Sektor Kelautan dan Perikanan

Jurnal,Gorontalo- Langkah Pemerintah Kabupaten Boalemo yang telah berupaya membangun sektor kelautan dan perikanan yang salah satunya diwujudkan melalui pembangunan wisata bahari, merupakan terobosan yang patut mendapat apresiasi dan dukungan dari seluruh pihak.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., saat memberikan sambutan pada pembukaan pameran produk unggulan daerah untuk menunjang wisata bahari di Kabupaten Boalemo, sehubungan dengan kegiatan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015, yang digelar di pantai Bolihutuo, Rabu (09/09/2015).

"Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta wisata bahari, semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Wagub Idris Rahim.

Idris mengungkapkan, membangun wisata bahari bukanlah perkara mudah. Harus ditunjang oleh infrastruktur yang memadai, serta akses yang mudah dijangkau.

"Secara bertahap Pemkab Boalemo mulai membangun infrastruktur penunjang wisata bahari, sehingga menarik bagi wisatawan lokal, nasional, dan mancanegara,” ujar Wagub.

Sementara itu, Deputi V Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Haswan Yunas, yang juga hadir mewakili Menko PMK Puan Maharani menjelaskan bahwa pelaksanaan Festival Boalemo bertujuan untuk percepatan pembangunan, tidak hanya pariwisata tetapi juga pengembangan potensi kelautan, infrastruktur, dan UMKM.

Menurut Yunas, hal yang paling menarik dari pelaksanaan Festival Boalemo, yakni pelaksanaannya yang hampir menyaingi pelaksanaan Sail Tomini di Kabupaten Parimo, Sulteng, yang merupakan induk kegiatan Festival Boalemo.

"Boalemo telah menunjukkan keberhasilannya menyaingi kegiatan Sail Tomini, dengan menjadi festival yang terbesar dan terlengkap dalam penyelenggaraannya,” ujar Yunas.

"Festival Boalemo ini hanyalah pemicu saja untuk mempercepat pembangunan daerah. Kedepan lokasi ini diharapakan akan menjadi Ancolnya pulau Sulawesi,” imbuh Haswan Yunas.(luq)


No comments

Powered by Blogger.