Header Ads

E2L Ditolak. Imba Diujung Tanduk.Golkar Bidik Beni Mamoto?

Benny Mamoto
Jurnal,Manado – Gugatan Elly Lasut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut ternyata ditolak Bawaslu Sulut. Adapun putusan tersebut menyatakan, penolakan KPU Sulut terhadap E2L sudah sesuai ketentuan undang – undang. Dan Bawaslu memberikan kesempatan lewat KPU Sulut kepada partai untuk mengusulkan calon gubernur.
Inilah Putusan Bawaslu :
1. Mengabulkan gugatan pemohon untuk sebagian.

2. Menetapkan bahwa keputusan KPU Provinsi Sulawesi Utara yang menyatakan calon gubernur atas nama Elly Engelbert Lasut adalah tidak memenuhi syarat sudah sesuai ketentuan perundang-undangan.
3. Meminta KPU Provinsi Sulawesi Utara memulihkan hak konstitusional calon wakil gubernur provinsi Sulawesi Utara yang dinyatakan memenuhi syarat.
4 Meminta KPU Provinsi Sulawesi Utara untuk memulihkan hak konstitusional gabungan partai politik untuk melakukan pengisian calon gubernur Sulawesi Utara yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

5. Memintakan kepada KPU Provinsi Sulawesi Utara untuk memperbaiki surat keputusan nomor 35/KPPS/KPU-Prov tentang penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara tahun 2015.

6. Meminta kepada KPU Provinsi Sulawesi Utara untuk memberikan waktu pengusulan calon gubernur baru kepada gabungan partai politik tingkat provinsi Sulawesi Utara yakni: Partai Golongan Karya Munas Bali dan Munas Ancol, PKPI dan PKS paling lambat 7 hari sejak keputusan ini ditetapkan.
7. Meminta kepada KPU Provinsi Sulawesi Utara untuk melakukan verifikasi persyaratan pencalonan dan persyaratan calon terhadap calon gubernur yang diusulkan gabungan partai politik di tingkat provinsi Sulawesi Utara yakni Partai Golongan Karya Munas Bali dan Munas Ancol, PKPI dan PKS.
8. Menolak permohonan pemohon untuk selebihnya.

Hadir dalam Sidang KPU Sulut, hadir Yessy Momongan, Ardiles Mewoh dan Fachrudin Noh. Sementara dari pihak Golkar, kuasa hukum Febro Takaindengan, ketua tim Victor Rompas dan calon wakil gubernur David Bobihoe.
Sementara itu, salah satu petinggi golkar yang tidak mau menyebutkan namanya saat diwawancarai usai putusan tersebut mengatakan, akan secepatnya memikirkan pengganti Elly Lasut.
“Kami akan mengadakan rapat dan nati akan dibicarakan siapa yang layak untuk diusung menggantikan pak elly. Golkar harus ikut dalam pilgub karena berpeluang menang dan kader – kadernya adalah kader yang berkwalitas,” ucapnya.

Ditanya apakah Beny Mamoto salah satu bidikan partai?’ “Kita lihat saja mana yang terbaik, yang pasti kami akan mengajukan calon yang tangguh yang akan berpasangan dengan pak david,” pungkasnya. Terkait dengan calon Walikota Jimmy Rimba Rogi, ia no coment. "Kita liat saja nanti sebab kasusnya sama.(bin)

No comments

Powered by Blogger.