Header Ads

Festival Boalemo Resmi Dibuka

Jurnal,Gorontalo - 10 September 2015, Festival Boalemo, resmi dibuka. Sejumlah penginapan dan 'homestay' penuh terisi.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang hadir dalam acara pembukaan Festival Boalemo, dalam kesempatannya mengatakan bahwa berbagai aktivitas dan kegiatan setelah Festival Boalemo 2015 lebih penting karena terkait dengan keberlangsungan lokasi wisata taman air di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

"Jangan cuma saat pembukaan Festival Boalemo saja, kawasan Boalemo ini ramai. Jika ramai pada pembukaan saja maka tujuan dari Festival Boalemo belum begitu tepat sasaran. Karena tujuan diadakannya perhelatan ini adalah untuk mempromosikan objek wisata di kawasan ini," ujar Puan sebelum membuka Festival Boalemo 2015 di area Pantai Bolihutuo, Gorontalo, Kamis, (10/09).

Boalemo sendiri memiliki sejumlah lokasi wisata seperti pantai dan alam bawah air. Lokasi-lokasi ini dapat menjadi tujuan masyarakat dalam berekreasi, termasuk para pecinta 'snorkling' dan menyelam.

Pemerintah daerah setempat diharapkan terus fokus mengembangkan potensi-potensi pariwisatanya, salah satunya dengan tetap menjaga kearifan lokal Gorontalo.

"Gorontalo, tidak boleh terlalu banyak meniru kebudayaan luar daerah. Kearifan lokal tolong dipertahankan. Jangan ikut-ikutan yang tidak cocok dengan budaya lokal yang ada," kata Puan mengingatkan.

Ditambahkan Puan, hal yang tidak kalah penting, adalah pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut harus terus dimajukan.

Untuk darang ke Kabupaten Boalemo, kita dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan dalam waktu sekitar 3-4 jam dari ibu kota Provinsi Gorontalo melewati jalan Trans Sulawesi.(luq)


No comments

Powered by Blogger.