Header Ads

Gorontalo Fokus Kesejahteraan Lansia

Jurnal,Gorontalo- Upaya peningkatan kesejahteraan sosial para Lanjut Usia (Lansia), harus dilakukan secara bersinergi antar lintas sektor, sehingga tercipta sinkronisasi, intensifikasi, dan pensinergian program.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., saat membuka Rakorda Komisi Daerah (Komda) Lansia Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo yang berlangsung di hotel Anugerah, Kota Gorontalo, Senin (7/09/2015).

"Jangan dilihat dari usianya, tetapi tugas dan kewajiban kita untuk membuat program yang produktif melalui kegiatan ekonomi kreatif yang tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan para lansia, sehingga mereka tidak hanya berdiam diri dan tinggal di rumah, tetapi bisa berinovasi dan berkreasi untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri ataupun membantu perekonomian keluarga," ungkap Idris.

Wagub Idris Rahim yang juga sebagai Ketua Komisi Daerah (Komda) Lansia Provinsi Gorontalo, lebih lanjut mengatakan, permasalahan mendasar dalam meningkatkan kesejahteraan Lansia adalah masih rendahnya kesadaran dan kepedulian terhadap Lansia.

"Akibatnya, masih sering berkembang stigma negatif tentang Lansia," ujar Wagub.

Seharusnya setiap orang harus menyadari bahwa penuaan tidak mungkin dihindari dalam siklus kehidupan.

"Semua kita pasti akan menjadi Lansia sesuai kodratnya, tetapi diharapkan menjadi Lansia yang sehat, mandiri dan aktif," lanjutnya.

Sementara itu Sekretaris Komda Lansia Provinsi Gorontalo, Jusuf Talib, selaku panitia pelaksana rakor dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, diantaranya instansi pemerintah terkait, perguruan tinggi, kalangan media, lembaga adat, lembaga kemasyarakatan, dan para tokoh agama, diharapkan dapat menciptakan kesamaan persepsi dan sinkronisasi dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dalam upaya peningkatan kesejahteraan Lansia.

"Tujuan inilah yang ingin kita capai, sehingga terbangun sinergitas antar berbagai sektor dalam peningkatan kesejahteraan lansia," pungkasnya.(luq)


No comments

Powered by Blogger.