Header Ads

Kekuatan KMP Berkurang Drastis

Jurnal,Jakarta - Pengurus harian Koalisi Merah Putih (KMP) rencananya bakal rapat siang ini di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta. Agenda utamanya adalah membahas soal manuver PAN bergabung ke Pemerintah.

Koordinator Pelaksana Harian KMP Idrus Marham mengatakan rapat siang ini hanya untuk pengurus harian.

"Di Sultan siang jam 13.00 WIB ya. Ini pengurus harian saja ya. Salah satunya bahas perkembangan politik, soal PAN termasuk," kata Idrus saat dihubungi, Kamis (3/9/2015).

Terkait sikap KMP dalam persoalan PAN, Idrus belum bisa menjelaskan. Ia mengatakan harus menunggu sikap partai-partai lain yang tergabung di KMP.

"Belum, nanti saja ya. Kita rapat dulu," tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekjen PPP hasil Muktamar Jakarta, Ahmad Dimyati Natakusumah membenarkan agenda rapat pengurus harian KMP siang ini. Persoalan PAN bergabung ke pemerintahan Jokowi-JK akan menjadi pembahasan utama.

"Saya juga diundang sama Pak Idrus. Tapi, enggak datang karena saya masih di Banjarmasin. Isunya yang pertama soal PAN. Infonya lagi KMP juga mau rapat pimpinan nanti malam," ujar Dimyati.

Manuver PAN memang memberi pengaruh besar ke peta kekuatan politik DPR. KMP menjadi jauh lebih lemah tanpa PAN, sebaliknya, KIH makin perkasa. KIH kini berkekuatan 289 kursi di DPR, jauh lebih kuat dibanding KMP yang tinggal 210 kursi.(dtc)

No comments

Powered by Blogger.