Header Ads

Keuangan Pemprov Gorontalo Meningkat Tajam

Jurnal,Manado- Pencapaian target realisasi fisik dan keuangan Pemerintah Provinsi Gorontalo hingga 31 Agustus 2015, menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana realisasi fisiknya mencapai 67,88 persen dan realisasi keuangan mencapai 58,34 persen. Capaian ini cukup baik jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2014, dimana realisasi fisik hanya sebesar 56,54 persen dan realisasi keuangan sebesar 50,85 persen.

"Dengan capaian ini, prestasi Pemerintah Provinsi Gorontalo yang berhasil menempati peringkat kedua penyerapan anggaran tertinggi pada periode Juli 2015, mudah-mudahan dapat dipertahankan, bahkan kita upayakan menjadi terbaik pertama." Demikian yang disampaikan 

Wakil Gubernur Idris Rahim saat memimpin rapat pimpinan dalam rangka evaluasi penyerapan anggaran dana APBD dan APBN Tahun Anggaran 2015, yang berlangsung di ruangan Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo, Senin (21/09/2015).

Namun demikian Idris mengingatkan, pada periode-periode berikutnya, capaian ini harus ditingkatkan utamanya untuk beberapa SKPD yang capaiannya masih rendah.
Untuk itu Wagub Rahim mengingatkan agar seluruh pimpinan SKPD segera mengorganisir dan mengambil langkah-langkah strategis dalam mempercepat penyerapan anggaran sesuai dengan target dan schedule yang telah ditetapkan.

Demikian juga pimpinan SKPD bersama KPA, PPK, PPTK, dan staf teknis, harus lebih intensif dan proaktif melakukan evaluasi secara rutin setiap minggu, serta memonitor langsung kegiatan di lapangan untuk memastikan dan mengantisipasi kendala-kendala yang ada.

Rahim juga mengharapkan, capaian realisasi fisik dan keuangan ini selain harus disesuaikan dengan fakta di lapangan, juga harus memperhatikan kelengkapan administrasi.
"Jangan sampai realisasinya tinggi, tetapi keadaan di lapangan tidak sesuai apalagi administrasinya tidak lengkap," ujar Rahim.
Pada kesempatan tersebut, Wagub Idris Rahim juga melaunching Sistem Informasi Infrastruktur Berbasis Spasial (SiBiSa), yang merupakan area perubahan dari aparat Pemerintah Provinsi Gorontalo yang mengikuti Diklat PIM III angkatan IX di Pusdiklat Kemendagri Regional Makassar tahun 2015.(luq)


No comments

Powered by Blogger.