Iklan

September 16, 2015, 07:11 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Pemkab Mitra Mencanangkan Penanaman Perdana Program Seribu Desa Mandiri Benih

Jurnal,Ratahan-Bertempat di persawahan Mbhuk Tosuraya, Kecamatan Ratahan Rabu 16 September 2015, Asisten III Stanley Pasulatan SE,MSi mewakili bupati mencanangkan penanaman perdana program seribu desa mandiri benih.

Asisten III ketika membacakan sambutan Bupati mengatakan, kegiatan pendukung guna tercapainya swasembada  padi, jagung dan kedelai, antara lain penyediaan alat dan mesin pertanian serta melihat potensi luas wilayah dan tingkat kesuburan tanah.

"Hal ini menjadi kewajiban pemerintah untuk mencukupi kebutuhan pangan hasil produksi dalam negeri. Target swasembada berkelanjutan ini dalam waktu tiga tahun,"katanya.

"Dalam rangka mendongkrak hasil pertanian maka pemerintah memberikan bantuan alat dan mesin pertanian dan diharapkan akan memberikan keuntungan dari pemanfaatan alat dan mesin tersebut sehingga kedepan dapat mendongkrak hasil pertanian. Begitupun dengan adanya bantuan lain dalam rangka mendukung upaya khusus pencapaian swasembada pangan berupa pengembangan jaringan irigasi tersier, optimalisasi lahan padi sawah, serta gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu padi sawah,jagung dan kedelai diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik baiknya dalam rangka upaya khusus termasuk peningkatan kesejahteraan petani"pungkas Pasulatan.

Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Ir. Elly Sangian, ME melaporkan bahwa kegiatan ini kerjasama pemerintah kab Mitra dengan KODIM 1302 Minahasa dalam rangka upaya khusus swasembada pangan."Upaya khusus ini telah ditandatangani MOU antara pemerintah RI dan TNI AD yang akan bersinergi dalam upaya khusus pencapaian swasembada pangan"tutur Sangian.

Kegiatan Program tersebut juga dilaksanakan juga Peletakan batu pertama pembangunan gudang benih serta penyerahan bantuan 2 unit tracktor roda empat kepada kelompok tani sejahtera desa Rasi dan kelompok tani  Mukakaringan Desa Tolombukan dan dilaksanakan temu tani se kecamatan Ratahan.

Turut Hadir pada kesempatan itu ketua DPRD Drs. Tavif Watuseke, KASDIM KODIM 1302 Minahasa Mayor INF. I Ketut Sudana, para pejabat pemkab Mitra.(hak)