Header Ads

Pemprov Beli 10 Rusa

Darise : Itu Tanggung Jawab Biro Umum

Rusa Totol
Jurnal,Gorontalo - Setelah dua ekor rusa totol (Axis axis) mati selama dalam perjalanan, kini dua ekor lainnya ditemukan mati dalam kandang yang terletak di halaman Kantor Gubernur Gorontalo pada Minggu (13/9).

Salah seorang petugas penjaga kandang, Roy Darise, mengatakan kedua rusa tersebut sebelumnya sudah mengalami luka di bagian kaki akibat gesekan yang terjadi dalam kurungan kayu selama perjalanan. Di kandang dan lama-lama bernanah hingga jalannya agak pincang. Kami menemukan satu ekor mati dalam dua malam berturut-turut," ujarnya di Gorontalo, Kamis.


Menurutnya dokter hewan sempat memeriksa kondisi dan mengobati kedua rusa tersebut namun upaya itu tidak berhasil.

Sebelumnya Pemprov Gorontalo membeli 10 rusa betina dan 5 rusa jantan dari penangkaran di Istana Bogor, dan membawa hewan-hewan tersebut melalui perjalanan darat selama sembilan hari.

Perawatan belasan rusa merupakan tanggungjawab Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo, dengan menempatkan empat pegawai honor untuk menjaga kandang secara bergantian.

"Makanan rusa sehari-hari adalah kangkung, wortel dan ubi jalar. Sedangkan airnya sudah kami sediakan di wadah besar. Mereka tidak kekurangan makanan, tapi stress," tambahnya.

Sejak tiba di kandang, kata dia, semua rusa belum bisa beradaptasi dan selalu tampak ketakutan bila petugas masuk ke dalam kandang.(atr)

No comments

Powered by Blogger.