Header Ads

Sumarsono Ingatkan KPU dan Bawaslu Bekerja Secara Independen

Jurnal,Manado – Secara marathon Penjabat Gubernur Sulut Sony Sumarsono kunjungi KPU Sulut dan Bawaslu sebagai penyelenggara dan pengawasan pelaksanaan pilkada serentak tanggal 9 desember nanti yang telah digulir sejak agustus lalu.
Dalam pertemuan bersama KPU Sulut, Sony menghimbau sebagai penyelenggara pilkada, dapat mengsukseskan pesta rakyat tersebut dan menjalankan amanah sesuai aturan dan hokum yang berlaku. Ia mengakui kunjungan ke lembaga penyelenggara ini, untuk memonitor sejauh mana persiapan KPU menjelang pilkada dan bukan mencampuri urusan KPU.
“Kami hanya memonitor saja, bukan intervensi dan ini atas permintaan KPU sendiri, untuk membantu Komisi dalam sosialisasi suksesi pilkada,” kata Sony.
Untuk sosialisasi sendiri, Sony menginstruksikan emua SKPD agar mengsosialisasikan pelaksanaan pilkada.
“Dengan sosialisasi dan masyarakat mengetahui maka semakin banyak yang nyoblos hasilnya semakin baik,” kata Penjabat ini.
Pun dengan pertemuan bersama Bawaslu. Ia berharap agar bawaslu sebagai fungsi pengawasan dapat terus memonitor dan mengontrol dari masa kampanye hingga pencoblosan agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Pada prinsipnya,  Sumarsono mendukung secara penuh kinerja KPU dan Bawaslu, kedua lembaga ini juga diharapkan bekerja secara independen, jika ada kekurangan dalam mendukung kinerja KPU dan Bawaslu, Sumarsono berharap agar segera berkoordiasi dengan dirinya guna mendapatkan solusi bersama.
Karena sesuai dengan program trikarya yang dijalankan  Dirjen Otda Kemendagri ini selama menjabat gubernur sulut  yakni mengamankan dan mengawal pelaksanaan pilkada agar berjalan dengan aman, damai, menghasilkan pemimpin daerah baru berdasarkan pilihan rakyat, menjaga iklim kondusif pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan, serta menjamin stabilitas daerah.
Secara khusus Sumarsono berpesan kepada Bawaslu untuk tetap menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), serta tetap berpegang pada norma dan aturan yang berlaku. Dirinya berharap semua stakeholders yang terkait dalam pelaksanaan pilkada agar tetap menciptakan suasana damai serta menjaga persaudaraan yang menjadi kebanggaan rakyat Sulut.
Turut hadir dalam dua pertemuan tersebut, Istri Penjabat Gubernur Ibu Tri Rahayu, Ketua KPU Sulut, Ketua Banwaslu Sulut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs John Palandung, Kaban Kesbangpol Edwin Silangen, SE, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas DR Jemmy Kumendong, kominioner KPU dan Bawaslu Sulut.(man)


No comments

Powered by Blogger.