Iklan

September 21, 2015, 09:48 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Sumendap Minta Dewan Awasi Dana Dandes

Jurnal,Ratahan–Program Pemerintah Pusat lewat Alokasi Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diminta untuk diawasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Bupati Mitra James Sumendap SH menegaskan, Pembangunan Infrastruktur desa-desa di Kabupaten Mitra yang sumber anggarannya berasal dari Dandes yang merupakan program nasional agar diawasi oleh DPRD.

"Dewan harus mengawasi pemanfaatan Dandes, agar berjalan sesuai peruntukkan,"ungkapnya.

Lebih lanjut Dirinya meminta agar pembangunan di desa-desa terus dipantau. ”Harus dipantau selalu. Jangan sampai program pembangunan yang disediakan oleh Pemerintah Pusat, berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan,” kata Sumendap.

Untuk itu ia meminta agar instansi terkait, yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) agar proaktif membantu desa-desa dalam pengurusan administrasi, untuk mempercepat pencairan. Apalagi, sudah akan masuk pada pencairan tahap kedua.
“Pemerintah Pusat akan marah jika programnya berjalan lambat di daerah, karena ini sama saja menghambat pembangunan. Saya minta BPMPD, untuk proaktif membantu dalam proses administrasinya,”ujar Sumendap.

Sementar itu Ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke mengatakan pihaknya siap membantu dalam mengawasi pembangunan.
“Tentunya ini akan ditindaklanjuti mengingat DPRD adalah Mitra Pemerintah, salah satu tupoksi kami, yakni tugas pengawasan. Dan kami akan menyeriusi pengawasan dan akan melakukan pemantauan di desa-desa, terkait realisasi Dandes,”jelasnya.(hak)