Header Ads

Tenaga Kerja Asing Berkeliaran, Dinakertrans Terkesan Cuek Bebek

Jurnal,Manado - Banyaknya tenaga asing yang bekerja di sulut membuat resah warga. Pasalnya, tingkat pengangguran di sulut masih tinggi dan anehnya diperlakukan khusus justru tenaga asing dan terkesan cuek bebek terhadap tenaga kerja lokal. 
Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Sulawesi Utara akan melakukan penelusuran para Tenaga Kerja Asing yang sudah bekerja di Sulawesi Utara tetapi tidak memiliki Visa kerja dan hanya memiliki Visa turis. Hal ini bertujuan untuk peneritiban. Demikian dikatakan Kadis Dinakertrans Marlon  Marchel Sendoh.
Kata Sendoh, sekarang ini sementara  berkoordinasi dengan Kesbang Provinsi untuk bisa memanfaatkan bidang intelejen dari Kesbang, karena mereka sudah ada forum intelejen untuk mendapatkan data yang lebih akurat lagi, karena ada banyak dilapangan mereka memakai visa turis yang menggunakan visa cuma beberapa saat tetapi pada akhirnya mereka ada kontrak kerja dan  itu yang perlu di telusuri lewat forum intelejen.
“Ini untuk penertiban dan nantinya kita akan bekerjasama dengan kesbang untuk menelusuri tenaga kerja asing yang tidak mengantongi izin,”kata Sendoh.

Lanjut Sendoh, sampai saat ini Tenaga Kerja Asing yang terdata di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut hanya 747 Orang dan yang tidak terdata masilah banyak dan paling banyak mereka bekerja di Perusahaan tambang dan kalau kedapatan ada Tenaga Kerja Asing yang melanggar aturan, maka akan di tindak tegas sesuai perundang – undangan yang berlaku.(man)

No comments

Powered by Blogger.