Iklan

September 29, 2015, 20:32 WIB
Last Updated 2015-10-09T03:33:10Z
Nasional

Wagub :Kita Berkomitmen Menerapkan Akuntansi Berbasis Akrual

Jurnal,Manado - Penerapan Sistem Akuntansi Pemerintah berbasis akrual diharapkan dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan, dengan memberikan informasi pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang lebih informatif, sekaligus menjadi informasi utama bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan dan penyelenggaraan keuangan negara dan daerah yang lebih baik. Demikian dikatakan Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., saat membuka rakor Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) dan Pemerintah Daerah se Provinsi Gorontalo yang sekaligus dirangkaikan dengan penganugerahan Treasury Awards Tahung 2015, yang digelar di ballroom Hotel Maqna Gorontalo, Selasa (29/09/2015).

“Tahun 2015 ini kita telah berkomitmen untuk menerapkan akuntansi berbasis akrual, saya harapkan penerapan sistem ini tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas LKPD pada tahun ini, dan kita bisa mempertahankan prestasi opini WTP dari BPK RI untuk seluruh entitas di Provinsi Gorontalo,” kata Idris.

Lebih lanjut dikatakannya, penerapan sistem akuntansi berbasis akrual menyajikan tantangan yang cukup besar bai dari segi kesiapan teknis pelaksanaan, struktur dan infrastruktur organisasi pemerintahan, budaya, sistem dan prosedur, hingga kesiapan sumber daya manusianya. “Dengan komitmen yang dibarengi dengan persiapan dan usaha, kita yakin dapat melakukannya dengan baik,” ujar Wagub.

Sementara itu terkait penganugerahan Treasury Award, Idris berharap, penghargaan tersebut mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kualitas pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan negara. Dibalik penghargaan tersebut, menurut Idris, terdapat tanggung jawab yang besar untuk senantiasa meningkatkan dan membuktikan kinerja terbaiknya. “Selamat kepada para penerima Treasury Award 2015, semoga keberhasilan ini bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan sebagai wujud tanggung jawab kepada bangsa dan negara,” tandasnya.(luq)