Iklan

October 19, 2015, 07:41 WIB
Last Updated 2015-10-19T14:41:00Z
Manado

Gelar Doktor GS Vicky Lumentut Asli

Mokodompis : silahkan mengakses lewat . website nasional penyetaraan ijazah dari portal diktihttp://ijazahln.dikti.go.id/dalam_proses.php.

Jurnal,Manado – Masih adanya berita miring terhadap para calon yang diduga karena persaingan antar pendukung calon masing – masing masih saja terjadi. Kali ini Walikota Manado yang juga Calon Walikota 2015 – 2020 GS Vicky Lumentut digoyang dengan pemberitaan miring oleh salah satu media online terkait gelar Doktor yang disandangnya. Namun isu terebut terbantahkan.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Manado, Franky Mocodompis, S.Sos, memastikan seluruh persyaratan dan kualifikasi akademik Walikota Manado GSVL untuk menyandang gelar Doktor sudah dipenuhi Walikota Manado GS Vicky Lumentut.
Menurut Mocodompis, jika warga Kota Manado atau siapa pun yang mau membuktikan keabsahan gelar Doktor dari Walikota GSVL, silahkan mengakses lewat . website nasional penyetaraan ijazah dari portal diktihttp://ijazahln.dikti.go.id/dalam_proses.php. , selanjutnya website portal tesis prancishttp://www.theses.fr/2008AIX30038.
“ Persyaratan kualifikasi pak Walikota GS Vicky Lumentut sandang Doktor sudah dipenuhi. Gelar Doktor Pak Walikota GSVL diakui Kementrian Pendidikan Nasional,” terang Mocodompis kepada Wartawan, Senin (19/10/2015).
Dikatakan mantan Ketua Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) Unsrat ini, Franky Mocodompis menjelaskan. sebagaimana kita ketahui, ijazah pendidikan tinggi luar negeri wajib menjalani proses penyetaraan oleh pihak yang berkepentingan. Namun dalam hal ini dikatakan Mocodompis, Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kementrian Pendidikan Nasional tahun 2010, di mana khusus untuk Pak Walikota GS Vicky Lumentut, ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Dikti Kemendiknas RI Nomor 2143/Dikti/Kep/IJLN/2010 tentang Penetapan Hasil Penilaian Ijazah Pendidikan Tinggi Lulusan Luar Negeri tertanggal 28 Oktober 2010.
“Adapun penetapannya menerangkan hal-hal berikut , Jenis Ijazah : Docteur, Bidang Ilmu : Veilles et Intelligence Competetive, Tanggal Ijazah : 7 Januari 2010, Perguruan Tinggi : Universite d’Aix Marseille III, Asal Negara : France, Dinilai setera dengan Doktor Atas Nama : Godbless Sofcar Lumentut ,Tempat dan tanggal lahir : Tondano, 8 Juli 1959,” tandas Juru Bicara Walikota Manado Franky Mocodompis.
Ditambahkan Mocodompis, pihaknya memastikan isu tersebut sengaja digulirkan sehubungan dengan proses politik yang sementara berlangsung, yakni Pilkada Kota Manado 9 Desember 2015.“ Sangat disesalkan isu tersebut digulirkan kepada Pak Walikota Manado GSVL, yang juga sebagai Majelis Pertimbangan Sinode (MPS) GMIM dan seorang Guru Sekolah Minggu. Pemilik akun mungkin menelusuri website dengan menuliskan nama Vicky Lumentut sehingga pencarian data penyetaraan ijazah luar negeri pada website kementrian tidak keluar, dan itu lumrah dalam sistem digital. salah panggil ?, yah berarti tidak akan keluar yang dipanggil,” tandas Mocodompis seraya mengingatkan, agar para nettizen khususnya warga kota Manado bisa membedakan mana gelar yang murni, kompatibel, dan memenuhi syarat serta kualifikasi akademik, dan mana yang abal-abal.
“ Saya pastikan dari sudut manapun akan diuji, Pak Walikota Manado GS Vicky Lumentut, akan dapat menunjukkan kualifikasinya sebagai seorang Doktor,” tegasnya.(tim)