Iklan

October 31, 2015, 03:13 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:51:27Z
Lipsus

GSVL Sepakat Kerjasama Dengan China

Walikota : Ini Semua Untuk Membuat Manado Lebih Baik Lagi

Jurnal,ManadoJanji Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut melakukan kerja sama persahabatan dengan Pemerintah Kota Qingdao Republic of China dibuktikan dengan ditandai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Mr Wang Menhua selaku “Chairman of the Standing Committee of Qingdao Municipal People’s Congress” atau Ketua Komite Tetap Kongres Masyarakat kota Qingdao.
Acara yang berlangsung penuh keluargaan pada Jumat (30/10/2015) tersebut, dilaksanakan di Hotel Arya Duta. Hubungan kerjasama persahabatan antar kedua kota ini dengan tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan persahabatan masyarakat Qingdao dan Manado melalui konsultasi-konsultasi ramah.
Kedua belah pihak juga sepakat memulai upaya bersama, atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan, untuk mempromosikan hubungan persahabatan “people-to-people”, ekonomi dan arus perdagangan antara kedua kota.
Selain itu kedua pihak secara aktif melakukan pertukaran dan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata, kelautan, budaya, olahraga, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.
Keseriuasan pihak Pemerintah Qingdao bekerjasama dengan Kota Manado itu ditandai dengan kedatangan mereka ke Manado dengan “full team” delegasi sebanyak 17 orang terdiri dari Ketua Komite Kongres, Sekjen, Kepala-Kepala SKPD dan pengusaha-pengusaha besar kota Qingdao RRT.
Penandatanganan MoU itu juga disaksikan oleh Ketua DPRD Manado, Noortje Van Bone. “Manado dan Kota Kota Qingdao memiliki kemiripan atau kesamaan wilayah. Semoga bulan Maret 2016 mendatang sesuai undangan Pemerintah Qingdao, Pemkot Manado boleh melakukan kunjungan balasan. Ini semua tentunya untuk membuat Kota Manado semakin baik lagi, dengan akan adanya perbaikan peningkatan perekonomian warga masyarakat itu sendiri,” kata GSVL.
Kedatangan 17 delegasi Pemerintah Kota Qingdao Tiongkok ini dihibur tarian Cakalel. Suasana penjemputan terasa lain membuat sejumlah turis dan tamu yang baru tiba di Ibukota Propinsi Sulut ini mengaku bangga.

“Mari kita doakan dan tentu mohon dukungan dan upayakan bersama agar kerjasama ini dapat berhasil demi peningkatan kesejahteraan masyarakat kota Manado. Tuhan memberkati kita semua,” ujar GSVL.(***)