Header Ads

Hut Boalemo Diharapkan Jadi Starting Poin Dunia Pariwisata

Jurnal,Gorontalo- Suksesnya pelaksanaan Festival Boalemo, diharapkan akan menjadi starting point ataupun langkah awal bagi Pemerintah Kabupaten Boalemo dalam mengembangkan sektor pariwisata. Keberhasilan penyelenggaraan kegiatan yang bertaraf internasional itu pulalah yang mendasari peringatan HUT Kabupaten Boalemo digelar di pantai Bolihutuo, Senin (12/10/2015), dengan mengangkat tema 'Mewujudkan Boalemo Sebagai Destinasi Wisata Dunia'.


"Untuk mewujudkan hal itu bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas berbagai pihak utamanya pemerintah dan masyarakat Boalemo," kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya pada kesempatan tersebut.



Menurutnya,  mewujudkan Boalemo sebagai destinasi wisata dunia harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur yang memadai, penetapan kalender wisata yang tetap dan terintegrasi dengan destinasi wisata lainnya yang ada di daerah lain seperti Bunaken di Sulawesi Utara dan Kadidiri di Sulawesi Tengah. Juga harus ada aksesibilitas atau mudah dijangkau, serta ada kepastian bagi setiap wisatawan yang akan berkunjung.



"Saya optimis, jika semua ini dilaksanakan secara bersinergi dan terpadu, pasti akan banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," lanjut Rahim.



Wagub juga menambahkan, pembangunan sektor pariwisata harus dilakukan secara komprehensif, dalam artian harus dibarengi dengan pembangunan sektor-sektor lainnya, seperti UMKM. Sehingga dengan demikian, destinasi wisata di Boalemo diharapkan akan menjadi industri wisata yang membawa banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya para pelaku industri kecil dan rumahan.



Pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Boalemo, dengan Festival Boalemo sebagai ujung tombaknya, diharapkan dapat mengedepankan pertumbuhan perekonomian, penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar lokasi destinasi wisata.



"Pembuat kue ataupun makanan khas Gorontalo, pengrajin produk-produk khas daerah seperti karawo dan karanji, khususnya yang ada di sekitar pantai Bolihutuo dan pantai Cinta tentunya akan diuntungkan dengan kehadiran para wisatawan, sehingga diharapkan kesejahteraan mereka bisa meningkat," pungkas Wagub.(luq)

No comments

Powered by Blogger.