Header Ads

Ketua DPRD Kota Manado Konsultasik ke Kemendagri Terkait Pembangunan Daerah

Jurnal,Manado- Guna pemantapan tugas personil dewan guna pembangunan daerah dilakukan konsultasi lanjutan oleh pihak pimpinan DPRD Manado dalam hal ini selaku ketua Nortje Van Bone dan rekannya Anita De Blouwe, di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Rabu (8/10/2015).



Menurut penyampaian Van Bone, keseimbangan pilar pemerintah yang ada tiga amat selaras karena saling berkaitan yakni melalui penguatan. otonomi daerah, pengelolaan sumber daya dan Good Governance.




"Hubungannya bagi terciptanya lingkungan poliik dan hukum yang kondusif pada lancarnya dunia usaha sehingga tercipta lapangan kerja dan pendapatan penting juga," kata Van Bone sembari menambahkan kalau masyarakat sebagai penciptaan interaksi sosial, ekonomi dan politik turut menunjang.
Pun, lembaga dewan sendiri sebagai bagian representatif rakyat mempunyai fungsi sudah diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2014 (MD3) tentang DPRD yakni Legislasi, Anggaran dan Pengawasan.




Lanjutnya, selama ini telah berlaku pengawasan dimana unsur peraturan daerah (perda) dan lainnya termasuk APBD.
Ketika melakukan konsultasi, keduanya terlibat pula membicarakan pembangunan daerah serta kerjasama internasional di daerah.
Dirinya pun, menganggap pengawasan ke pemda oleh lembaga perlu lebih responsif terutama penyediaan pelayanan publik.




"Hasil peroleh mengarah dari model pelaksanaan pembangunan yang telah tertata baik sesuai prosedur, seperti ada musrembang  tingkat kelurahan, kecamatan yang kemudian itu dibahas dalam pembahasan APBD," jelasnya.
Senada dibeberkan De Blouwe, bersentuhan soal pembahasan APBD godokan program kerja tetap jadi skala prioritas yang diloloskan. Dalam hal pertanggung jawaban, DPRD menjalankan fungsi pengawasannya.




"Konsultasi ini diharapkan oleh masyarakat adalah hubungan kemitraan mereka lebih ditingkatkan. Jadi dalam hal pengawasan DPRD terhadap anggaran pembangunan (APBD) harus lebih ditingkatkan,”tutup De Blouwe.(luq)

No comments

Powered by Blogger.