Header Ads

Pemprov Berdayakan Petani

Jurnal,Gorontalo- Pemerintah Provinsi Gorontalo terus mendorong dan memfasilitasi kemudahan bagi seluruh petani utamanya dalam mengakses seluruh bantuan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo. Demikian yang disampaikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai melakukan panen padi raya di Desa Bube, Kecamatan Suwawa, Kab. Bone Bolango, Selasa (06/10/2015).

Pada kesempatan tersebut, Habibie secara resmi menyerahkan bantuan pertanian diantaranya, bantuan alsintan prapanen dan pasca panen sebanyak 55 unit diantaranya(pompa air,perontok padi, perontak jagung, Handtraktor, Combaine Harvester dan transperter).

“Melalui APBD Provinsi kita mengalokasikan penyediaan benih padi sebesar 34.750 hektar, dan kita telah melakukan pengadaan langsung keseluruh penangkar di Provinsi Gorontalo seluas 17.000 hektar, termasuk di Kabupaten Bonebolango yang kita anggarkan sebanyak 250 juta kepada 6 orang penangkar dengan melayani luasan tanah kurang lebih 1000 hektar,” ungkap Gubernur Habibie.

Habibie menambahkan, berbagai bantuan yang telah diserahkan oleh pemerintah provinsi dimaksudkan untuk bisa mengatasi persoalan benih yang selama ini menjadi permasalahan di lapangan akibat dari terlambatnya lelang pengadaan benih.

Selain itu juga dalam upaya mendukung peningkatan swasembada pangan, pemerintah Provinsi Gorontalo telah membentuk Brigade Alsintan, hal ini dilakukan untuk lebih mengefektifkan pelayanan jasa alsintan kepada para petani dan kelompok tani, karena selama ini pemerintah telah mengevaluasi untuk bantuan alsintan belum juga optimal dikelola oleh perorangan ataupun kelompok.

“Untuk Brigade Alsintan sejak tahun 2015 dan 2016 kita telah memprogramkan anggaran di APBD, hal ini kami lakukan sebagai komitmen dari pemerintahan kami,” tutup Gubernur Habibie.(luq)

No comments

Powered by Blogger.