Header Ads

Wagub Rahim Buka Seminar Ekonomi


"Seminar ini sangat bermanfaat guna memberikan pemahaman tentang kondisi perekonomian bangsa, khususnya di Provinsi Gorontalo" 


Jurnal,Gorontalo- Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., membuka seminar ekonomi tentang kebijakan fiskal dan perkembangan ekonomi terkini, yang digelar oleh Kementerian Keuangan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Gorontalo di ball room Hotel Maqna, Rabu (28/10/2015).

"Seminar ini sangat bermanfaat guna memberikan pemahaman tentang kondisi perekonomian bangsa, khususnya di Provinsi Gorontalo," jelas Rahim dalam sambutannya pada kesempatan itu.

Lanjut Idris, pemahaman yang mendalam tentang kondisi perekonomian, membuat pelaksana kebijakan dapat melaksanakan kegiatannya dengan sungguh-sungguh tanpa keraguan, serta dapat pula menjadi pedoman bagi pemerintah daerah, pelaku usaha, perbankan, akademisi, perencana kegiatan dan penyusun anggaran, dalam mengambil kebijakan strategis.

"Utamanya menghadapi perkembangan perekonomian yang berjalan lambat yang menghendaki percepatan belanja pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Gorontalo," jelas Rahim.

Sementara itu menyinggung tentang peran dana APBN dalam pembangunan ekonomi di daerah, Idris menilainya masih sangat besar. Menurutnya hal ini terlihat dari dana transfer yang menjadi sumber pendapatan bagi APBD masih menduduki angka yang sangat tinggi, yakni sekitar 80 - 92 persen dari APBD.

"Kondisi ini menunjukkan tingkat ketergantungan kita terhadap APBN masih sangat tinggi," ujar Rahim.

Disisi lain, Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih sangat kecil, yakni dibawah 20 persen. "Perlu menjadi perhatian kita bersama untuk dapat meningkatkan penerimaan PAD," pungkasnya. (luq)

No comments

Powered by Blogger.