Header Ads

LSI Indoresearch Yulisa Tertinggi.

Nugroho : Survei ini Menggunakan Konsep Miller and Shanks


Jurnal,Airmadidi - Pasangan No. 4, Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Yulisa Baramuli dan Patrice M. Tamengkel, kian memuncak dengan elektabilitas tertinggi 33.5 %. Fakta ini, berdasarkan hasil terkini dari Lembaga Survei Independen (LSI), Indoresearch Public Care (IPC).
Data survei, mengambil sampel berjumlah 2.620 responden, tersebar di 131 Desa/Kelurahan dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Minut, dengan perkiraan margin of eror ± 1.8 %, pada tingkat kepercayaan 95 %.
“Survei yang kami lakukan sejak Oktober sampai November 2015 ini, untuk penarikan dan pengambilan sampel, menggunakan metode standar teknik multistage random sampling, dengan cara tatap muka dan wawancara langsung, juga dilakukan metode tele-survei khusus di wilayah Kepulauan,”kata Direktur Riset dan Operasional IPC, DR.  Afendy A. Nugroho, pada Sabtu (14/11).
Selain itu, survei ini menggunakan konsep Miller and Shanks, yang bertujuan mengidentifikasi karakteristik personal kandidat yang terdiri dari empat dimensi. Pertama dimensi integritas, kedua kompentensi, ketiga kepemimpinan dan keempat dimensi empati. Semuanya ini berhubungan erat soal kriteria Kejujuran, Kepintaran, Kemampuan, Ketegasan dan Kewibawaan serta Kepedulian pasangan calon.
BARATA, demikian slogan pasangan Baramuli-Tamengkel, semakin mendekati puncak Pilkada, elektabilitasnya terus meningkat. Bahkan, berpijak dari akumulasi semua indikator survei, pasangan yang diusung koalisi Partai Demokrat, Hanura, Nasdem dan PPP ini, unggul di semua kategori pemilih.
“Mereka menang pada pilihan suara pemeluk agama, juga tertinggi dukungan suara berdasarkan pilihan gender (suara perempuan dan suara laki-laki). Teratas, menjadi pilihan suara Lansia dan suara Pemula. Jika mampu menjaga irama, gerak sosialisasi dan konsolidasi hingga 9 Desember 2015 nanti, maka kemenangan pasti milik BARATA,” tutur Koordinator IPC Regional Sulut Stanly F. Mewengkang dan diaminkan oleh Koordinator Area IPC Kabupaten Minut Charles Y. Lengkong.
Sementara pada posisi runner-up, pasangan no. 3, Sompie S.F. Singal dan Peggy A. Mekel (SDM) dengan elektabilitas 28.2 %, mampu menggeser pasangan no. 2, Vonnie A. Panambunan dan Joppi Lengkong (VAP-JO), yang turun pada urutan ketiga dengan perolehan dukungan 27.4 %.
Sedangkan pasangan no. 1, Petrus J. Luntungan dan Adolf A. Longdong (PILAR), masih bertahan di tempat terakhir yang meraih dukungan 9.5 %. Dan yang belum menentukan sikap, tersisa 1.4 % responden, pungkasnya.(***)


No comments

Powered by Blogger.