Iklan

November 11, 2015, 13:59 WIB
Last Updated 2015-11-11T21:59:44Z
Ekonomi

Tekan Pengangguran, Kewirausahaan Ciptakan Lapangan Kerja

Jurnal,Manado - Dikatakan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono, melalui Sekdaprov Sulut Drs Sanny Parengkuan MAP bahwa program sulut berkarya diantaranya kegiatan pemagangan dalam kewirausahaan di Sulawesi Utara yang sangat berpeluang besar dalam menciptakan hasil yang maksimal bagi pembangunan di Sulut. Diantaranya pengganguran, serta perekonomian, sehingga perlu dilaksanakan kegiatan berkelanjutan.
"Tingginya  pengangguran serta perlambatan laju perekonomian bangsa, maka sektor kewirausahaan dipandang solusi strategis dalam upaya mengatasi  penggangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan sebagai penggerak utama kegiatan ekonomi berbasis sektor," ujar Parengkuan.
Semnetara itu, Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian

Koperasi, Prakoso BS SE MM mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan salah satu langkah yang dapat diterapkan untuk mengatasi pengangguran dan penciptaan lapangan kerja sehingga tujuan akhirnya mengurangi tingkat kemiskinan.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Ir Rene Hosang MSi didampingi Sekretaris Diskop Drs Benny Kalonta ME menegaskan bahwa kegiatan pemagangan selama 25 hari bagi 100 peserta adalah suatu kegiatan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta di bidang bisnis melalui praktek langsung di koperasi dan UKM.
Lanjut Hosang, kegiatan pemagangan ini kedepan akan membuka usaha-usaha baru sebagai suatu karya di Sulut dalam membuka lapangan pekerjaan, termasuk membantu usaha-usaha kecil menengah dalam kebutuhan dana lewat perbankan dengan memberikan kemudahan sehingga dibutuhkan sinergitas dengna pemerintah kabupaten/kota dalam menunjang hal ini terutama dari segi ijin usaha.(tim)