Header Ads

Dinkes Mitra Gelar Sosialisasi antisipasi Penyebaran HIV/AIDS

Jurnal,Ratahan – Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar sosialisasi Mengantisipasi penyebaran penyakit Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) ke masyarakat dan pelajar.

Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan kepada wartawan mengatakan bahwa pentingnya himbauan melalui sosialisasi kepada masyarakat luas akan bahaya penyakit mematikan tersebut.“Di Tahun 2015 lalu kabupaten Mitra terdapat 15 kasus HIV/AIDS,”katanya.

Menurutnya, data dari ke 15 yang sudah terindikasi tersebut identitasnya di simpan.
“Kita hanya diberikan datanya saja, kalau siapa-siapa itu kita juga tak tahu karena memang identitas mereka dirahasiakan,” ujar Tamuntuan.

Lebih lanjut, kebanyakan para penderita masih masuk dalam usia produktif yakni rentan 15-64 tahun bahkan diduga sudah terinveksi dari luar lalu masuk ke Mitra,"Usia mereka tergolong produktif bagi penderita,dan kemungkinan mereka ini bekerja di luar daerah atau berada di luar daerah, kemudian terjangkit,” terang tamuntuan.

Untuk itu Tamuntuan berupaya mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para pelajar.“Kita berupaya melakukan sosialisasi kepada para masyarakat, mulai dari bahayanya hubungan seks secara bebas atau berganti-ganti pasangan sampai pada penggunaan Narkoba dengan jarum suntik. Apalagi penyakit ini belum ada obatnya,” tutupnya.(hak)

No comments

Powered by Blogger.