Header Ads

Parengkuan Katakan Semburan Lumpur Panas Teratasi

Jurnal Tomohon - Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny J Parengkuan telah berhasil melaksanakan tugas perdana yang diembankan Penjabat Gubernur  Sulawesi Utara, yakni menyelesaikan masalah semburan uap air yang ada diKelurahan Tondangow Kecamatan Tomohon Selatan. Parengkuan memastikan bahwa aktivitas semburan uap  air telah teratasi dengan meninjau lokasi pada Sabtu pagi (23/01/2016). Manifestasi dalam bentuk semburan uap air yang ada di komplek Cluster 24 Kelurahan Tondangow yang sempat meresahkan masyarakat Tondangow dan sekitarnya kini telah berhasil ditangani oleh Pemerintah Kota Tomohon bersama Tim Pertamina Geothermal Energi bersama Ahli Geologi yang diterjunkan untuk mengatasi masalah tersebut. Saat melakukan peninjauan bersama ahli Geologi Ir Pri Utami MSc Ph D, yang juga Kepala Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada. Parengkuan mengatakan semburan lumpur ini sudah selesai dan normal. “Untuk itu masyarakat tak perlu takut dan kawatir tetap beraktivitas seperti biasa,” ujar Parengkuan.
Selanjutnya, untuk fungsi dari sumur 24 yang berseberangan dengan lokasi, masalah ini tentu akan dilihat lagi kedepan dan akan terus dipantau oleh petugas.
“Kepada masyarakat kalau terjadi hal-hal di luar dugaan agar melapor kepada pihak terkait,” kata Parengkuan.
Selanjutnya Ir Pri Utami selaku tim ahli Geologi mengatakan kalau ada perubahan manifestasi di lokasi diharapkan untuk segera berkoordinasi antara pemerintah dengan pihak PGE Lahendong. Utami juga mengatakan kemungkinan penyebabnya adalah kombinasi antara alam dan kemungkinan adanya perubahan yang bersifat alami, kemungkinan retakan dari sumur,serta kemungkinan dari uap air panas yang merembes keluar.
Utami juga menyarankan kepada masyarakat agar selalu berkoordinasi dengan pihak terkait jika melihat kejadian seperti ini lagi sambil terus mengajak manfaatkan energy panas bumi dan meminimalisir dampaknya serta memantau tempat-tempat pariwisata yang berhubungan dengan panas Bumi. Dalam kunjungan ini penjabat walikota Tomohon didampingi asisten Ronni Lumowa S Sos MSi, Asisten Administrasi Umum Ir H V Lolowang M. Sibersama Kabag Humas & Protokol FF Lantang SSTP, Kabag SDA, CamatSelatan dan Lurah Tondangow.(rky)

No comments

Powered by Blogger.