Iklan

January 13, 2016, 06:21 WIB
Last Updated 2016-01-13T14:21:15Z
Tomohon

Parengkuan Panen Perdana


Penjabat Walikota Kota Tomohon Sanny Parengkuan didampingi Kadistanakan panen perdana

Jurnal Tomohon - Menindak lanjuti rapat kerja daerah dan penandatanganan MoU antara Gubernur Sulawesi utara dengan para bupati/walikota se- Propinsi Sulawesi Utara mengenai sasaran tanam padi, jagung dan kedelai tahun 2016, Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny J Parengkuan MAP langsung mengadakan peninjauan ke lapangan dengan bertatap muka dengan para kelompok petani sawah perkebunan “Tatow” Kelurahan Woloan Dua yang dilaksanakan di Balai Benih Ikan Woloan.
Pada kesempatan tersebut para petani meminta bantuan traktor untu membajak sawah serta meminta perawatan jalur irigasi yang langsung dijawab Kadistanakan Ir Ervinz DH Liuw yang mengatakan akan menyesuaikan dengan anggaran, tetapi untuk perawatan jalur irigasi dapat dilakukan melalui kerja bakti para petani.
Selanjutnya sebagai bagian dari komitmen dalam pencapaian hasil padi yang maksimal, Pemerintah Kota tetap terus bersinergi dengan para petani. Yakni  mendukung pencapaian dan ketersediaan pangan yang mutlak harus dipenuhi bagi tumbuh kembangnya bangsa ini. Serangkaian dengan kegiatan ini, Penjabat Walikota Tomohon melakukan panen padi perdana di Kota Tomohon pada hari Rabu (13/01/2016), bertempat dikomplek persawahan Kelurahan Tara-tara Kecamatan Tomohon Barat.
Sebagai informasi bahwa Kota Tomohon saat ini memiliki sasaran untuk komoditi total padi dengan luas tanam 1.743 Ha dan luas panen 1.692 dengan provit 51,09 Ku/Ha dengan produksi 8.639 Ton.
Selanjutnya untuk sasaran pada tahun 2016 untuk Kota Tomohon khusus komoditi jagung yakni luas tanam 3,939 Ha dan luas panen 3,824 dengan provit 41.83 Ku/Ha dengan produksi 15.995 Ton. Hal ini tentu membutuhkan kerja sama dan koordinasi seluruh stakeholder agar supaya dapat tercapai. Dalam kegiatan ini walikota didampingi Sekda Tomohon DR Drs Arnold Poli SH MAP bersama Asisten Ekonomi & Pembangunan Ronni Lumowa S Sos MSi.(rky)