Header Ads

Parengkuan Resmi Penjabat Walikota Tomohon


Drs Sanny Jems Parengkuan MAP
Jurnal,Tomohon – Jumat(08/01/2016), bertempat di Aula Graha  Gubernuran yang menjadi saksi tempat berlangsungnya pelantikan Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny Jems Parengkuan MAP. Ia akan mengemban tugas dan tanggung Jawab sebagaiWalikota Tomohon yang nantinya melanjutkan tugas-tugas dalampemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon Begitupun dengan mempersiapkan proses pelantikan untuk Walikota Terpilih dalamPemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2015 lalu. Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara atas nama Presiden Republik Indonesia yang dilanjutkan dengan penandatangan pakta integritas yang diiringi pula dengan penyerahan Memori jabatan oleh Walikota periode 2010-2015 Jimmy F Eman SE Ak kepada Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny Parengkuan MAP, dilanjutkan dengan serah terima tim penggerak PKK dariNy Eman Mokoginta kepada Ny Parengkuan-Matheoz bersamaan dengan pemberian piagam penghargaan kepada tim penggerak PKK Kota Tomohon dari Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi. Sesaat setelah pelantikan, Walikota Peride 2010-2015 Jimmy F Eman SEAk yang diberikan kesempatan pertama membawakan sambutan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada penjabat walikota yang akan bertugas di Kota Tomohon.
“Apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran pemerintah kota yang dalam kurun waktu lima tahun dalam pembanguan di Kota Tomohon, Banyak hal kita hadapi selang pelaksanaan pemerintahan dan tidak lama lagi kita akan merayakan HUT Kota 27 Januari 2016. Beragam keberhasilan yang telah kita peroleh seperti penghargan emas di Hongkong Flower Show, Prasasti Doa Bapa kami bahasa Tombulu yang terpampang di Yerusalem, opini WTP,Adiwiyata, WTN,Travel Club Tourism, Kota Sehat dan penghargaan JKN, Kota HAM dan sederet prestasi lainnya, semoga prestasi ini akan kita pertahankan dan tingkatkan. Dalam kepemimpian saya senantiasa didukung oleh FKPD,” papar eman yang terpilih kembali sebagai Walikota Tomohon periode 2015 – 2020.
Penjabat Gubernur DR Sony Sumarsono MDM sendiri mengatakan bahwa Pemerintahan di Kota Tomohon selama kurang lebih setahun dalam masa jabatan akan diemban penjabat Walikota. Dimana tugas seorang penjabat walikota agak berbeda sebelum dan sesudah pilkada. Sebagai Penjabat memiliki kewenangan penuh sama dengan walikota definitive, hanya dengan pembatasan apabila melakukan perubahan terhadap mutasi dan rolling harus memiliki persetujuan mendagri. Tidak boleh melakukan perubahan atas kontrak degan luar  negeri yang ditandatangani walikota definif atau sejenisnya.
“Oleh karena itu seorang penjabat seperti Pak Sanny ada tiga tugas pokok penjabat yaitu pertama Mengawal penyelenggaraan pilkada sampai dilantik walikota yang definitif. Kedua menjalankan fungsi kepala daerah yang berakhir ketika walikota terpilih dilantik. Saya tidak bisa menjawab pak sanny sampai kapan tetapi menunggu walikota baru dan terpilih dilantik,” pungkasnya.(rky)

No comments

Powered by Blogger.