Iklan

January 5, 2016, 08:57 WIB
Last Updated 2016-01-05T16:57:47Z
Manado

Pilwako Diperkirakan Akhir Januari. GSVL Himbau Warga Jaga Stabilitas

Jurnal,Manado-DR GS Vicky Lumentut (GSVL) kembali mengingatkan warga Manado untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado. Kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menjadwalkan kapan pelaksanaan Pilkada Manado tersebut, namun GSVL berharap keamanan dan ketertiban Manado tetap terjaga.
“Kita belum tahu kapan Pilkada Manado digelar. Tapi saya ajak masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas kota, membantu pemerintah dan aparat keamanan mewujudkan Manado yang aman dan damai,”kata Walikota Manado periode 2010-2015 ini dalam acara syukuran Tahun Baru 2016 Keluarga Lumentut-Runtuwene bersama warga Kelurahan Malalayang I Barat, yang digelar di perkebunan keluarga GSVL tepatnya di belakang RS Prof Dr RD Kandouw Malalayang, Selasa (05/01/2016) sore.
Dirinya kemudian menyampaikan kepada ratusan warga yang memadati lokasi acara syukuran apa yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada dirinya saat bertemu di Jakarta akhir Desember 2015 lalu.
“Waktu saya kebetulan bertemu Mendagri, beliau sampaikan kepada saya bahwa hari H pemungutan suara Pilkada Manado kemungkinan digelar akhir Januari 2016 ini, jadi kita menunggu saja dengan sekali lagi tetap menjaga keamanan Manado,” ujar GSVL.
Mendagri sendiri meminta agar KPU bergerak cepat melaksanakan Pilkada Manado bersama empat dearah lainnya di Indonesia. Tjahjo berharap KPU bisa menjamin pemilihan susulan di 5 daerah itu dilakukan tanpa melewati batas waktu yang ditentukan. Dalam arti sebelum hari terakhir putusan Mahkamah Konstitusi (MK)‎ dalam perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (PHPKada).
"Kami sudah melapor kepada Presiden akan mengusulkan pelantikan serentaknya dua tahap. Tahap pertama akhir Januari atau awal Februari 2016 bagi daerah yang pilkadanya tidak ada sengketa. Sementara tahap kedua digelar Maret 2016, sudah termasuk 5 daerah yang tersisa (termasuk Manado)," terang Tjahjo.(tim)