Header Ads

Pj Walikota minta Pertamina Serius Tangani Semburan Lumpur

Jurnal Tomohon-Usai peninjauan lokasi cluster 24 di kelurahan Tondangow, milik dari PGE (Pertamina Geothermal Lahendong) Pj Walikota Tomohon,Drs Sanny Parengkuan MAP bersama unsur terkait langsung menggelar rapat yang dilaksanakan rumah dinas Walikota Tomohon, Sabtu (09/01/2016).
GM PT Pertamina Lahendong, Selvianus Patangke pada kesempatan itu menjelaskan bahwa sampai saaat ini pihaknya terus berusaha untuk mengatasi semburan uap air dibeberapa titik yang ada.
Beberapa semburan sudah mati,” kata Patangke.
Ditambahkannya, selain proses pendinginan akan dilakukan juga penyumbatan dengan semen di daerah yang merupakan sumber semburan.
“Nantinya ketika ada proses penyemenan, saat bersamaam akan ada pemadaman listrik sementara, setelah penyemenan akan dialirkan kembali sehingga unit 3 yang kapasitas kisaran 18 MW dari sumur PGE Lahendong akan beroperasi kembali usai proses penyemenan,” ujar Patangke.
Sementara itu, saat memimpin rapat Parengkuan mengatakan, selain dari pihak provinsi melalui Dinas SDA yang telah membentuk tim khusus dalam memantau kondisi semburan, pihak Pemkot Tomohon juga akan segera membentuk tim serupa yang nantinya bersama-sama untuk memantau lokasi semburan.
“Saya berharap juga kepada pihak PGE untuk serius dalam menangani semburan uap air, dan tentunya dapat memastikan kepada masyarakat bahwa uap air yang keluar itu tidak mengandung gas berbahaya, dan dengan adanya upaya yang dilakukan pihak PGE dengan teknik pendinginan yang bertujuan agar semburan tidak meluas, kami berharap proses ini akan berhasil  dan kejadian tersebut cepat teratasi,” kata Parengkuan.Hadir dalam rapat tersebut Sekot DR Drs Arnold Poli SH MAP, Kapolres Tomohon  AKBP Monang Simanjuntak SIK, Perwira penghubung Masgen Abas. (Rky)

No comments

Powered by Blogger.