Header Ads

Roring Diduga Hambat Anggaran. KPU Akui Permintaan Pemkot Telah Diserahkan



Jurnal,Manado – Pengajuan dana tambahan untuk pelaksanaan pilwako susuluan di kota manado masih menjadi polemik antara KPU Kota Manado dan Pemkot Manado. Bahkan dari pihak pemkot sendiri terkesan menghambat. Pasalnya, hingga Senin (25/01/2016), Penjabat Walikota Royke Roring menegaskan jika pihaknya membutuhkan payung hukum yang jelas sehingga dana tersebut dapat dikucurkan. Ditambah lagi laporan pertanggungjawaban KPU Manado terkait dana 20 miliar baru saja dimasukkan dan baru akan dimulai pemeriksaannya oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
“Kita tidak mau terjadi masalah soal pendanaan pilwako susulan. Apalagi LPJ nya baru dimasukkan dan itu akan kami periksa dulu penggunaannya,” terang Roring usai mengikuti acara pelantikan pengurus baru PWI di Graha Gubernuran, Senin (25/01/2016).
Jika dana tersebut kami kucurkan dan tidak sesuai mekanisme, dan setelah ditetapkan walikota dan wakil walikota terpilih, terjadi pemeriksaan penggunaan dana pada akhirnya saya dan tim yang akan diperiksa. Kami tidak mau mengambil resiko seperti itu, lanjut ROR.
Untuk pelaksanaan pilwako tanggal 17 februari nanti kata ROR, itu keputusan KPU dan mereka tidak berkoordinasi dengan pihak pemkot. Sementara persoalan dana belum jelas.
“Apabila hingga waktu yang telah ditentukan dan dana tersebut belum dapat dikucurkan, itu tanggungjawab KPU karena mereka yang memutuskan,”pungkas ROR.
Sebelumnya, Ketua KPU Kota Manado, Yusuf Wowor,menyatakan apa yang telah dimintakan pihak pemkot seperti LPJ telah diserahkan. Pun dengan pengajuan penambahan dana. KPU sendiri sangat kooperatif membangun komunikasi dengan pemkot.  
“Permintaan pemkot telah kami penuhi. Namun apabila masih ada berkas yang belum lengkap tentunya akan kami lengkapi. Pada prinsipnya baik pemerintah, swasta dan seluruh masyarakat kota manado, mari kita dorong agar pelaksanaan pilwako tanggal 17 februari, sukses dan terlaksana dengan aman dan damai seperti apa yang kita harapkan bersama,”ungkap Wowor, pada acara pleno kpu terkait pilwako 17 februari.(man)  

No comments

Powered by Blogger.