Header Ads

Semburan Soputan Tak Mempengaruhi Pertanian


Jurnal,Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap mengingatkan kepada seluruh warga mitra agar waspada terhadap semburan gunung soputan.
."Saya mintakan agar warga untuk tidak mendekati zona gunung soputan pada kisaran kurang lebih 6,5 km,"ujar Sumendap. Lebih waspada lagi bagi desa pangu raya yang terkena dampak langsung dari abu vulkanik, lanjutnya.
Sementara itu dari hasil monitoring Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Mitra pasca semburan Abu Vulkanik Gunung Soputan kondisi Pertanian Aman.
"Wilayah yang berkaitan langsung dengan erupsi Gunung Soputan hanya ada di desa Pangu Raya kecamatan Ratahan Timur, sehingga pertanian di wilayah kecamatan lainnya tidak terkena abu vulkanik,"kata Kadistanak Mitra Ir Elly Sangian ME.

Menurut Sangian, langkah tersebut dilakukan guna memastikan kondisi pertanian yang terkena dampak abu vulkanik Gunung Soputan.“Setelah kami melakukan monitoring Sekitar 20 hektar perkebunan salak yang terkena dampak abu vulkanik. Namun setelah hujan turun, maka tidak menimbulkan kerusakan,” ujarnya.

Diakuinya memanga ada kekhawatiran para petani jagung dan kedelai di Kecamatan Tombatu, Tombatu Timur, Tombatu Utara dan Silian Raya karena akan dampak dari abu vulkanik gunung soputan.“abu vulkanik Gunung Soputan tidak sampai ke daerah tersebut sehingga perkiraan untuk terjadinya gagal panen akibat kerusakan dari dampak letusan tidak berpengaruh pada pertanian di Tombatu Raya dan kecamatan lainnya,"jelas Sangian.(hak)

No comments

Powered by Blogger.