Iklan

January 19, 2016, 22:46 WIB
Last Updated 2016-01-20T07:02:12Z
Manado

Walikota Manado Bahas Lima Ranperda Bersama Dekot

Jurnal,Manado - Penjabat Walikota Manado, Ir. Royke O. Roring, M.Si, Selasa, 19/01 siang, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam rangka Pembicaraan Tingkat Satu terhadap 5 Ranperda, masing-masing 3 Ranperda diusulkan oleh Pemerintah Kota Manado dan 2 Ranperda Inisiatif DPRD Kota Manado. Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Manado, dr. Richard Sualang ini diikuti oleh para anggota DPRD Kota Manado dan disaksikan oleh Sekretaris DPRD Kota Manado dan pejabat Pemerintah Kota Manado lainnya.
DAlam kesempatannya, Roring menjelaskan ketiga Ranperda yang diusulkan oleh Pemkot Manado.
Pertama, Ranperda tentang RIPTIK untuk tindak lanjut pemerintah kota Manado dalam menyikapi pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di kota Manado, khususnya dalam pengembangan e government Kota Manado. Selain itu Ranperda tentang penyertaan modal pada Perusahaan Daerah PT Bank Sulutgo. Ranperda ini didasarkan pada landasan filosofis otonomi daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat sebagaimana tercantum dalam pasal 75 PP No. 58 tahun 2005, pasal 71 ayat 7 Permendagri No. 13 tahun 2006, dan pasal 204 UU No. 23 tahun 2014 yang memungkinkan penyertaan modal pada suatu badan usaha milik Negara, dan atau milik daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Dari pemahaman ini maka Pemkot Manado memandang perlu menyertakan modal pemerintah daerah ke dalam modal badan usaha milik daerah atau BUMD, dalam hal ini PT Bank Sulutgo. Pun Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah Pemkot Manado. Sebagaimana diketahui Pemkot Manado terutama dalam beberapa tahun terakhir giat melaksanakan pengelolaan keuangan daerah termasuk di dalamnya pengelolaan barang milik daerah. Hasilnya antara lain ialah opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2014.

“Harapan saya, kiranya rangkaian proses pembahasan ini dapat berlangsung lancar dan sukses sehingga 5 Ranperda yang nantinya akan ditetapkan menjadi Perda. Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Segenap anggota Dewan yang terhormat atas dukungan dan kerjasama kemitraan yang erat dengan Pemkot Manado. Harapan kita bersama, kemitraan dan sinergitas yang telah terbangun selama ini dapat kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan. Dan untuk membangun kota Manado diperlukan kebersamaan dalam derap langkah dan komitmen yang kuat guna menghasilkan karya-karya yang lebih cemerlang bagi kemajuan Kota Manado. Tuhan Yang Maha Kuasa kiranya menyertai kita sekalian,” ucap Penjabat diusai sambutan.(man)