Iklan

February 17, 2016, 09:05 WIB
Last Updated 2016-04-16T01:11:55Z
Utama

Demokrat Sakti. GSVL - Mor 'Tundukkan' Ai dan HJP

Jurnal, Manado - Hasil perhitungan suara sementara begitu menarik, pasalnya selisih suara dari ketiga calon yakni Harley Mangindaan-Jemmy Asiku (1), GS Vicky Lumenut-Mor Bastian(3) dan Hanny Jost Pajouw-Tonny Rawung (4) Hanya selisih tipis, Selasa (17/2)
Setelah Desk Pilkada Pemkot Manado merilis hasil perhitungan suara sementara Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado melalui medsos pasangan GS Vicky Lumentut-Mor Bastiaan (GSVL-MOR) unggul dengan jumlah suara 35,51% dibanding pasangan Ai Mangindaan-Jemmy Asiku (AI-JA) dan Hanny Joost Pajouw-Tonny Rawung (HJP-Torang) yang bersaing tipis, yakni 32,36% dan 32,13% suara.
Kini giliran lembaga survey ISS (Indo Survey & Strategi) memaparkan hasil perhitungan suara Pilkada Manado. Berdasarkan perhitungan Quick Count yang dilakukan ISS, hasilnya tak jauh beda dengan perhitungan Desk Pilkada Pemkot Manado.

Pasangan nomor urut tiga, GSVL-MOR masing tetap unggul meninggalkan perolehan suara nomor urut satu, AI-JA dan pasangan nomor urut empat, HJP-Torang. GSVL-MOR unggul dengan 34,98%, AI-JA 32,40% dan pasangan HJP-Torang 32,63 %. “Kalau ada kesalahan perhitungan, margin erornya hanya 1 persen,” jelas Hendratmo dari ISS saat kompres di Hotel Quality malam tadi yang ikut dihadiri pasagan GSVL-MOR serta Ketua Timkamda GSVL-MOR, Mathen Manoppo.

Ditambahkan Karsono, juga dari ISS, perolehan suara GSVL-MOR ini unggul signifikan dibanding perolehan suara saat November lalu, hanya unggul 10 persen. “Padahal ini persaingan yang luar biasa ketat dan boleh dikatakan persaingannya tidak elegan. Tapi pasangan Pak GSVL-MOR mampu menunjukan tingkat elektabilitas yang signifikan. Keduanya pun sama-sama kader Demokrat. Ini membuktikan kalau Partai Demokrat masih tangguh di Kota Manado,” pungkas Karsono.(bin)