Header Ads

Diperkirakan Potensi Hujan Lebat Bulan Februari


Jurnal,Manado - Memasuki Bulan Februari 2016 hampir sebagian besar wilayah di Indonesia termasuk Kota Tomohon masih dalam masa musim penghujan dan mungkin akan mencapai puncaknya pada awal Februari 2016. Meskipun saat ini El-nino masih  berlangsung, kondisinya sudah semakin menyeluruh dan diharapkan kembali normal hingga bulan Maret-April 2016. Hal ini diutarakan  Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Dr. Yunus Subagyo di depan Media Massa saat kegiatan jumpa pers BMKG bersama Kementerian Perhubungan di kantor Kementerian Perhubungan RI baru-baru ini.
Untuk Potensi hujan lebat di Indonesia yang diperkirakan akan semakin meningkat pada bulan Februari 2016, hal ini ditandai dengan dengan aktifnya monsoon dingin asia yang disertai dengan seruakan dingin, fase Madden Julian Oscillation (MJO) yang menunjukkan fase basah di wilayah maritim kontinen (Indonesia), Indian Ocean Dipole yang bernilai negatif, serta potensi daerah Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) yang akan semakin menguat. "Kecepatan angin permukaan yang bertiup dari arah timur 15-25 kilometer per jam dengan  Cuaca berawan terjadi di sebagian wilayah, sedangkan hujan ringan berpeluang mengguyur Kota Manado, Tomohon, Tondano (Kabupaten Minahasa), Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan) serta Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara),” terang Yunus.
Selain itu, untuk potensi ketinggian gelombang laut akan berpotensi terjadinya gelombang tinggi 1.25 - 2.5 meter yang meliputi wilayah sebagian besar perairan barat Sumatera, perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat, Laut Natuna, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Perairan Kep. Sangihe, Laut Maluku, Perairan utara Papua dan Papua Barat.
Kabag Humas Protokol Setda Kota Tomohon FF Lantang SSTP melalui Kasubag Humas Djufry orong S Sos. Memberikan peringatan bagi masyarakat yang mendiami lokasi-lokasi yang rawan longsor maupun rawan banjir agar tetap waspada dan terus memikirkan cara untuk mencari dan menempati tempat yang aman dari bencana yang kapan saja dapat terjadi. Saat musim penghujan ini pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat Kota Tomohon agar giat melakukan penanaman baik di kebun maupun di sekitar pekarangan rumah, karena pada musim hujan tentu tanaman-tanaman yang kita usahakan dapat mudah bertumbuh seiring dengan asupan air yang cukup. (rky)

No comments

Powered by Blogger.