Header Ads

Pj. Walikota Bahas Dana Pilkada Bersama KPU Sulut, KPU Manado, Bawaslu Dan Pejabat Pemprov


Jurnal,Manado - Janji Penjabat (Pj) Walikota Manado, Ir. Royke O. Roring (ROR) untuk menemui stakeholder penyelenggara Pilkada di Kota Manado dalam pekan ini, akhirnya dipenuhi.

Setelah ada miskomunikasi karena pemberitaan dari berbagai versi, Senin (01/02) di Ruang Toar Lumimuut, Pj Walikota Manado bertatap muka, berdiskusi, dan mencari solusi terkait Penyelenggaraan Pilkada Kota Manado, bersama KPU Sulut, Bawaslu Sulut, KPU Manado, Panwaslu Manado, beserta Pejabat terkait di tingkat Provinsi seperti Asisten 1 dan asisten 3 Sekda Provinsi Sulut, Kepala BPKBMD Provinsi Sulut, Inspektorat Provinsi Sulut, dan pejabat Pemkot Manado terkait.

Rapat awalnya memang dilaksanakan tertutup, tetapi begitu rapat berakhir, Penjabat walikota Manado menyempatkan diri menemui beberapa awak media dan menyampaikan hasil pertemuan tersebut.

Inti dari pertemuan tadi, kata ROR, untuk mencari Titik temu, yang pada akhirnya tanpa mengurangi apa yang sudah dilakukan oleh KPU, pihaknya akan menyurat ke Mendagri, Selasa (02/02) besok untuk meminta waktu berkonsultasi

"Mudah-mudahan secepatnya kita akan diterima oleh Mendagri, atau Sekjen atau Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah, kita akan menyurat besok (Selasa-red). Supaya kita bersama-sama dengan KPU dan juga mengundang Pimpinan dewan untuk konsultasi bersama, karena aturan-aturan pengelolaan anggaran APBD pada umumnya berbentuk Permendagri," harap Pj Walikota.

Dijelasakannya lagi, dari Permendagri 54 tahun 2010, Permendagri 52 tahun 2015, dan Permendagri 44 tahun 2015. Dan juga masih terkait dengan sistem pengendalian, pengawasan internal, pertanggungjawaban dan pelaporan.

"Jadi itu semua ada aturan-aturan yang kita sinkronkan baik-baik supaya tidak ada masalah di kemudian hari," ujarnya.

Ditanyakan dana dari KPU, yang diajukan pada surat terdahulu berkisar 8.8 M. Ia mengungkapkan, dana yang di alokasikan ke Panwas kisaran 2.3 M, masih ada 1 M tersisa, sementara di kepolisian tersisa 560juta.(lipsus)

No comments

Powered by Blogger.