Header Ads

Waspada Cuaca Ekstrim. Banjir dan Tanah Longsor Mengintai



Jurnal,Jakarta - Dalam beberapa hari terakhir, berbagai daerah dari ujung Pulau Sumatera hingga Pulau Jawa dan Papua terendam banjir.

Di kawasan Sumatera, banjir menggenangi berbagai kota di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau hingga Kepulauan Bangka Belitung. Beberapa daerah di Pulau Jawa juga terendam banjir yang sebagian disertai tanah longsor. Seperti di Purworejo-Jawa Tengah dan Lamongan-Jawa Timur. Bencana ini bahkan telah memakan korban jiwa.

Selain itu, Empat distrik di Tolikara, Papua, yakni Distrik Kanggime, Distrik Woniki, Distrik Wokuwo dan Distrik Menggena, juga diterjang banjir.

Untuk sebagian wilayah seperti Kota Medan, banjir sudah mulai surut. Namun secara umum masih banyak daerah yang hingga saat ini masih terendam banjir.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mayoritas banjir disebabkan karena tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir. Hujan yang mengguyur kawasan Sumatera dan Jawa terjadi berturut-turut hingga menyebabkan kali meluap.

"Banjir disebabkan karena hujan deras yang terus-menerus mengguyur," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menanggapi penyebab banjir di berbagai daerah, Selasa (9/2/2016).

Puluhan ribu warga diungsikan ke titik-titik aman. BPBD di masing-masing daerah bekerjasama dengan TNI, Polri dan warga setempat, bahu membahu mengevakuasi warga.

Saat ini, sejumlah daerah yang masih melakukan evakuasi korban banjir antara lain di Aceh, Sumatera Barat, Riau dan Bangka. Proses evakuasi banyak mengalami kendala seperti sulitnya medan, keterbatasan personel serta keterbatan peralatan dan logistik.

Sementara itu, cuaca di sejumlah daerah masih diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Sehingga tidak menutup kemungkinan bencana banjir akan meluas. Pemerintah harus cepat merespons situasi ini.(dtc)

No comments

Powered by Blogger.