Header Ads

OD - SK Berantas Kemiskinan di Bolsel

Jurnal,Manado - Dalam rangka penanggulangan kemiskinan, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sabtu (12/03/2016), mengunjungi Bolaang Mongondouw Selatan (Bolsel),  untuk menerapkan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).
Dalam sambutannya, Olly menyampaikan, program ODSK merupakan program andalan bagi dia dan pasangannya untuk mengsejahterakan masyarakat.
"Untuk itu saya berharap dukungan penuh walikota dan bupati di 15 kabupaten/kota,"terang Gubernur.
Selain itu untuk mendorong program pemberantasan kemiskinan harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat agar bantuan tepat sasaran.

Sementara itu, Bupati Bolsel, Herson Mayulu dalam sambutannya mengatakan, dari 15 Kabupaten / Kota yang ada di sulut, Bolsel telah mempunyai Kantor Pemkab Bolsel dan Kantor DPRD Kabupaten.
"Hari ini gubernur akan meresmikan kantornya meskipun sudah dipakai sekitar satu tahun,"terang Mayulu.
Terkait dengan pencangan selesaikan kemiskinan, di bolsel dari Desa Molion sampai Desa Molosipat menyambut kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk selesaikan kemiskinan sebab faktanya, bolsel masih mempunyai 80 persen lebih angka kemiskinan. Selain itu ada beberapa permintaan dari Bupati Bolsel yaitu Pelabuhan torosik dapat diserahkan ke daerah. Pelabuhan perikanan Dudepo aset provinsi yang terlantar diharapkan dapat diserahakan ke bolsel untuk dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat nelayan. Sinergitas provinsi dan daerah tidak berjalan mulus, tiga bulan terakhir SKPD Provinsi belum pernah datang ke Bolsel. Anggaran APBD sangat minim ke bolsel. Air minum Bolauki tidak berjalan dengan bagus. Pun dengan air minum dipinolosian bermasalah. Jalan lintas bolsel - boltim belum terbangun.
"Terakhir kami bolsel penuh semangat akan membangun bandar udara," ucap Bupati.
Usai sambutan Bupati dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti kantor Pemkab Bolsel, DPRD Kab Bolsel dan beberapa kantor SKPD.
Dilanjutkan penyerahan bantuan dari Gubernur kepada kelompok tani sebanyak 33 unit hand traktor dan bibit. Serta penyerahan Prangko Kampung KB.
Selain itu juga penyerahan bantuan rumah sederhana dan peralatan kesehatan yang berjumlah dua miliar kepada Bupati Sangihe.
Sebelumnya, kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur disambut dengan adat Bolango, Mongondouw dan dilanjutkan dengan adat Gorontalo.(man)

No comments

Powered by Blogger.