Iklan

March 18, 2016, 22:11 WIB
Last Updated 2016-03-19T05:11:09Z
Manado

Pemkot Terima Penghargaan ISO. ROR : Tak Lepas Dari Peran GS Vicky Lumentut dan Wakilnya

Jurnal,Manado - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Manado pada tahun 2016 kembali mendapatkan penghargaan berupa pemberian sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 9001-2008, yaitu suatu pengakuan terhadap sistem dan prosedur kerja yang bertaraf internasional. Khususnya menyangkut kependudukan dalam rangka penerapan KTP elektronik (e-KTP).
Selain Manado, dua daerah lainnya yang menerima penghargaan ini adalah Mataram (NTB) dan Ternate (Maluku Utara). Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang didampingi Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh pada Rapat Koordinasi Nasional Dukcapil Tahun 2016 di Ballroom Hotel Lombok Raya Mataram, Rabu (16/3) lalu.
Penjabat Walikota Manado Ir Royke O Roring (ROR) menerima langsung pengahrgaan tersebut didampingi Kadisducapil Manado Hans Tinangon. ROR mengaku bangga atas pemberian penghargaan dari Kemendagri tersbeut. Bahkan ROR sadar bahwa penghargaan ini tak lepas dari peran dan manajemen pemerintahan dan pelayanan publik yang diterapkan Walikota Manado periode 2010-2015, GS Vicky Lumentut (GSVL).
“Seperti yang diketahui bersama bahwa penghargaan ini didapatkan karna hasil yang dicapai pemerintah kota Manado tahun 2015. Tentunya hasil ini tidak lepas dari kerja keras pemerintah terdahulu dalam hal ini Walikota Manado Bapak Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley Mangindaan dan diteruskan kepada kami,” ujar ROR.
Dirinya juga menyampaikan seperti yang disampaikan Mendagri dalam pemaparannya bahwa pemberian penghargaan ini akan terus dievaluasi agar pelayanan di Disdukcapil Manado terus meningkat dan membaik. “Penilaian ini akan terus dievaluasi, dan pada bulan Mei nantinya akan ada evaluasi lagi, dan bukan tidak mungkin penilaian tertinggi ini bisa turun jika kita tidak konsisten terhadap pelayanan pada masyarakat. Dan juga ini menjadikan tantangan kepada Pemkot Manado dalam hal ini Disdukcapil,” tandas ROR.
Sementara itu Tinangon mengatakan bahwa pemberian penghargaan ini adalah pemicu untuk lebih memberikan pelayanan yang lebih prima lagi kepada masyarakat Manado, dan segenap petugas pelayanan SKPD yang dipimpinnya sudah berkomitmen untuk melaksanannya, melalui penandatanganan komitmen semua pegawai pada bingkai komitmen. “Penghargaan ini justru memicu kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Tinangon.(tim)