Header Ads

Wabup Sidak Disdukcapil

Jurnal, Ratahan - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Tenggara Ronald Kandoli melaksanakan inspeksi mendadak di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Senin (21/03/2016).

Menurut Juru Bicara Pemkab Minahasa Tenggara Novry Raco, Sidak yang dilakukan Wabup tersebut untuk melakukan pengecekan pelayanan Disdukcapil terhadap administrasi kependudukan masyarakat.

"Sidak yang dilakukan oleh Wabup untuk mengecek langsung proses pelayanan kepada masyarakat. Apalagi menurut pak Wakil pelayanan yang dilakukan oleh Disdukcapil seperti pengurusan administrasi kependudukan merupakan hal penting," kata Raco.

Selain itu menurut Novry, Wabup juga menanyakan jika masih adanya pungutan-pungutan yang dimintakan bagi masyarakat dalam setiap pengurusan dokumen kependudukan.

"Wabup juga berdialog langsung dengan masyarakat, bahkan menanyakan jika ada pungutan yang dimintakan kepada mereka. Tapi masyarakat secara langsung mengaku tak ada lagi pungutan yang dikenakan bagi mereka," ujarnya.

" Wabup berharap hal tersebut semakin ditingkatkan dan berkomitmen terhadap pelayanan gratis pada masyarakat," tandasnya.

Sementara itu Kepala Disdukcapil David Lalandos mengakui dalam pelayanan pengurusan dokumen kependudukan, pihaknya tak lagi menggenakan pungutan kepada masyarakat.

"Kami jelaskan kepada Wabup jika setiap pengurusan dokumen dan pelayanan lainnya tak ada pungutan bagi masyarakat. Karena sesuai perintah Undang-Undang pelayanan semua digratiskan," ujarnya.

Selain itu menurut David pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan prima bagi masyarakat untuk pengurusan dokumen kependudukan maupun pelayanan lainnya.

Setelah melakukan Sidak di Kantor Disdukcapil, Wabup yang didampingi Sekda Farry Liwe, Asisten I Gotlieb Mamahit, Asisten III Stanley Pasulatan, Staf Ahli Bupati Tommy Soleman, Kabag Pemhum Novry Raco, dan Kabag Ortal Vecky Monigir melanjutkan Sidak di Kantor BLH-KP dan Kesbangpol.(hak)

No comments

Powered by Blogger.