Iklan

April 14, 2016, 06:56 WIB
Last Updated 2016-04-16T01:02:05Z
Utama

Wagub : Perbankan Selain Tidak Optimal Menyalurkan Kredit Sektor KUMKM Juga Memberikan Bunga Tinggi

Jurnal,Manado - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw menegaskan bahwa koperasi merupakan sokoguru perekonomian Indonesia. Penegasan ini disampaikan Wagub saat membuka Temu Koordinasi Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi bidang Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM )di Hotel Aston Kamis (14/04/2016).
Lebih lanjut Wagub menjelaskan, terdapat sejumlah masalah penting dalam pengembangan KUMKM di daerah. Diantaranya masalah Permodalan, selama ini pihak perbankan belum optimal dalam menyalurkan kredit produktif kepada sektor KUMKM disamping bunga kredit yang masih tinggi. Untuk itu kedepan akan dibentuk Lembaga Penjamin Pinjaman Daerah, untuk mengatasi masalah permodalan bagi para pelaku KUMKM.
Selanjutnya masalah Presisi, Wagub kembali mengingatkan soal penerima bantuan baik di Sektor UMKM, Pertanian, Perikanan selama ini hanya dinikmati oleh pihak-pihak tertentu atau tim sukses dari kepala daerah. Saya sudah instruksikan kepada para kepala dinas agar tidak mengakomodir Kelompok yang mengaku tim sukses. Untuk itu sebelum disalurkan bantuan harus diidentifikasi dulu apakah penerima bantuan benar-benar butuh dan memiliki kemampuan untuk mengelola.
Untuk itu Wagub menegaskan sebagai sokoguru perekonomian pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM menjadi prioritas pembangunan daerah, hal ini sudah tertuang dalam Visi dan Misi Gubernur dan Wagub. Harus kita sadari bahwa pengentasan kemiskinan melalui pengembangan UMKM memiliki potensi yang baik.

Senada dengan itu Kadis Koperasi dan UMKM Sulut Ir Rene Hosang menyatak Sektor UMKM memiliki kontribusi yang besar bagi penyerapan tenaga kerja. tentu saja akan dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja yang terlibat di dalamnya. Pengembangan UMKM akan dapat menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja yang ada sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, tandasnya.(man)